fbpx

3 Jenis Kabel Data yang Paling Umum Digunakan Smartphone

Kabel Data lightning, type C, dan micro RCS K120

Recci – Penggunaan kabel data kini tidak hanya terbatas pada urusan transfer data saja. Untuk mengisi baterai smartphone, tablet ataupun gadget, kabel data masih jadi andalan. Bahkan meski sudah ada teknologi wireless charging, masih banyak masyarakat yang mengisi baterai perangkat mobile-nya dengan charger dan kabel data. Untuk beberapa alasan, 3 jenis kabel data ini  juga memiliki banyak keunggulan dibandingkan teknologi wireless.

Sejak pertama kali diperkenalkan, teknologi kabel data terus mengalami perkembangan. Dewasa ini, port dan konektor berjenis USB Type-C semakin sering dijumpai. Bahkan smartphone kelas menengah ke bawah juga semakin banyak yang menggunakannya. Tapi sebelum sampai di titik ini, teknologi USB yang banyak digunakan pada kabel data sebenarnya telah banyak mengalami perubahan.

Perkembangan Teknologi USB dan Standar Konektor Kabel Data Saat Ini!

Tipe Kabel Data USB pada Smartphone

Tipe Kabel Data USB pada Smartphone

Jenis konektor yang kini banyak digunakan pada kabel data sebenarnya tergolong sebagai konektor USB. Apapun bentuk colokan di salah satu ujungnya, bentuk colokan di ujung yang lain selalu sama. Inilah yang disebut dengan konektor USB.

Sesuai dengan namanya, USB (Universal Serial Bus) dibuat sebagai standar industri kabel, konektor dan protokol yang digunakan pada koneksi, komunikasi dan power supply antara komputer dengan perangkat periferal, termasuk smartphone dan gadget.

Teknologi ini pertama kali dikembangkan pada Januari 1996 dan mulai diproduksi secara massal pada Mei 1996 dengan nama USB 1.0.

Versi pertama konektor USB, yakni USB 1.0 memiliki kecepatan transfer data yang masih sangat terbatas. Kecepatan terendahnya adalah 1,5 Mbps sedangkan kecepatan tertingginya mencapai 12 Mbps.

Pada tahun 2001, USB generasi kedua, yakni USB 2.0 mulai tersedia di pasaran. Konektor jenis ini banyak dijumpai pada perangkat-perangkat media penyimpanan (flashdisk) dan kabel data printer. Kecepatan transfer data USB 2.0 ini mulai dari 1,5 Mbps – 480 Mbps.

USB generasi ketiga atau USB 3.0 lahir sekitar 10 tahun sejak USB generasi kedua, yakni pada tahun 2011. Dari segi bentuk, port dan konektor USB 3.0 ini sama seperti USB 2.0. Hanya saja, kecepatan transfer datanya jauh lebih tinggi, bahkan bisa mencapai 5 Gbps.

USB 3.1 lahir pada tahun 2014 sebagai versi perbaikan USB 3.0. Begitu juga dengan USB 3.2 yang lahir pada tahun 2017. Kecepatan transfer data keduanya bisa mencapai 10 Gbps untuk USB 3.1 dan 20 Gbps untuk USB 3.2. Meski sudah ada USB 3.2, saat ini kebanyakan kabel data smartphone masih menggunakan teknologi USB 3.1.

Saat ini, teknologi USB telah sampai pada generasi keempat. Hanya saja, USB 4.0 yang mulai dikembangkan pada tahun 2019 masih belum tersedia di pasaran. Namun bisa dipastikan, kecepatan transfer datanya jauh lebih cepat dari USB generasi sebelumnya, yakni bisa mencapai 40 Gbps.

3 Tipe Kabel Data yang Paling Banyak Digunakan

Semua kabel data yang beredar di pasaran pada dasarnya berbasis pada teknologi USB. Perbedaannya hanya pada salah satu jenis konektor yang digunakan. Ada 3 jenis konektor yang paling banyak digunakan. Ketiga adalah micro USB, USB Type C dan lightning.

  • Micro USB
Recci Kabel data micro

Kabel Data Micro

Kabel micro USB ini pertama kali digunakan pada perangkat periferal komputer pada tahun 2008. Mayoritas kabel data yang menggunakan konektor micro USB ini berbasis pada teknologi USB 3.0. Karena itu, kecepatan transfer datanya bisa mencapai 5 Gbps dengan output daya 5V dan 1,5A.

Saat ini, kabel data dengan konektor micro USB ini banyak dijumpai pada smartphone kelas menengah ke bawah. Selain itu, micro USB juga masih banyak digunakan pada perangkat periferal lain seperti kamera digital dan powerbank.

  • USB Type C
Recci Kabel Data Type C

Kabel Data Type-C

Tipe USB yang satu ini merupakan tipe yang kini semakin banyak dijumpai di smartphone kelas atas dan smartphone kelas menengah terbaru. Ke depannya, USB Type C inilah yang akan menjadi pengganti micro USB.

Dibandingkan dengan micro USB, konektor USB Type C memiliki bentuk pipih dengan permukaan yang sama baik di sisi bagian atas maupun bawahnya. Inilah yang membuatnya memiliki kemampuan reversible.

USB Type C ini umumnya berbasis pada teknologi USB 3.1. Karena itulah, kabel data yang menggunakan konektor jenis ini memiliki kecepatan transfer data hingga 10 Gbps dengan output 20V dan 5A.

  • Lightning
Kabel Lightning untuk iphone

Kabel Lightning

Konektor lightning sebenarnya merupakan tipe konektor yang dikembangkan secara eksklusif oleh Apple. Setiap perangkat buatan Apple seperti iPhone dan iPad menggunakan port dan konektor tipe ini, khususnya untuk perangkat-perangkat yang diluncurkan setelah tahun 2012.

Konektor lightning sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012 sebagai pengganti konektor 30 pin yang sebelumnya banyak digunakan pada perangkat buatan Apple. Sedangkan untuk basis teknologinya sendiri, kabel lightning ini ada yang masih menggunakan teknologi USB 2.0 tapi ada juga yang sudah menggunakan USB 3.0.

Tips Memilih Kabel Data Yang Baik dan Benar

Dengan banyaknya merek kabel data, menemukan kabel data yang baik bisa cukup rumit. Setiap merek mengklaim bahwa produknya yang terbaik. Jadi agar tidak salah pilih, berikut tips memilih kabel data terbaik yang bisa Anda terapkan.

Kenali Jenis Port Smartphone atau Gadget Anda

Sebelum mulai mencari kabel data, hal pertama yang harus dipahami adalah jenis port yang digunakan pada smartphone atau gadget Anda.

Jika port yang digunakan berjenis micro USB, tidak mungkin Anda bisa menggunakan kabel data dengan konektor jenis lain. Jadi perhatikan port yang digunakan. Setelah itu, barulah Anda bisa mulai mencari kabel data yang baik.

Cermati Bahan Coating Kabel

Di pasaran, ada beberapa bahan coating yang biasa digunakan pada kabel data. Beberapa di antaranya adalah karet PVC, kulit sintetis, fiber kevlar dan nilon. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika Anda sedang mencari kabel data yang baik dan kuat, pilih saja yang coating-nya menggunakan bahan fiber kevlar. Meski demikian, coating kabel anyaman nilon sebenarnya sudah cukup baik.

Cek Spesifikasi Arusnya

Saat membeli kabel data, biasanya ada spesifikasi arus yang tertulis di bagian kemasannya. Spesifikasi ini menunjukkan kapasitas kabel tersebut dalam menyalurkan arus listrik.

Saat memilih kabel data, sebaiknya sesuaikan dengan kepala charger yang digunakan. Misalnya jika arus yang dihasilkan kepala charger adalah 2A, pilih saja kabel data yang spesifikasinya 2A.

Panjang Kabel

Untuk urusan panjang kabel, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Biasanya kabel data sepanjang 1 meter sudah lebih dari cukup. Selain itu semakin panjang kabelnya, semakin banyak pula listrik yang terbuang di tengah jalan.

Pertimbangkan Fitur Tambahan

Kabel data recci RTC-T04 with Mirror

Recci RTC-T04 with Mirror

Beberapa kabel data ada yang dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan. Misalnya saja seperti beberapa seri kabel data buatan Recci. Selain punya kualitas bagus, beberapa kabel data terbaik juga dilengkapi dengan lampu LED. Saat proses pengisian terjadi, lampu LED ini akan menyala sebagai indikatornya.

Kesimpulan 3 jenis kabel data pada Smartphone;

Teknologi kabel data yang digunakan menentukan kecepatan transfer data dan pengisian daya baterai smartphone atau gadget. Untuk itu, kualitas harus selalu menjadi prioritas.

Kabel data Recci memiliki itu semua. Untuk transfer data dan pengisian daya yang lebih cepat, Recci menggunakan material tembaga berkualitas. Coating kabelnya juga kuat. Selain mampu menghantarkan data dan listrik secara optimal, kabel data terbaik Recci juga aman digunakan pada smartphone Anda.

2 Comments

  1. […] kabel USB yang paling tepat adalah RTC T04. Salah satu keunggulan dari produk ini yaitu menyediakan 3 type USB diantaranya micro USB, USB type C dan USB lightning. Jadi hanya dengan satu kabel USB saja anda […]

  2. […] 3 Jenis Kabel Data yang Paling Umum Digunakan Smartphone […]

Leave a Reply

BUY NOW