fbpx

Cara Kerja Wireless Charging & Kelebihannya, Must Read!

Pengertian alat wireless charging

Pengguna smartphone harus tahu cara kerja wireless charging. Pasalnya, teknologi ini akan menjadi future charger yang jadi andalan di masa depan. Kalau tidak mau ketinggalan trend, Anda pun bisa mulai mendapatkan charger wireless dari sekarang!

Nah, sebelum membahas lebih jauh mengenai cara kerja dari wireless charging, akan lebih baik bila Anda tahu apa maksud dari teknologi ini.

Sebagaimana diketahui, teknologi sudah makin canggih dan maju. Kemajuan teknologi ini tidak hanya ditunjukkan lewat beragam smartphone atau gadget dengan spesifikasi yang terus meningkat.

Tetapi juga inovasi aksesori dan perangkat pendukungnya. Salah satunya adalah charger atau alat pengisi daya.

Bila kebanyakan orang saat ini masih menggunakan pengisi daya yang harus selalu terhubung dengan listrik melalui kabel, nantinya akan lebih banyak orang yang bisa menggunakan alat pengisi daya tanpa kabel.

Bahkan saat ini, sebagian orang sudah menggunakan alat pengisi daya ini. Pastinya lebih mudah dan bisa memberikan kenyamanan karena pengguna smartphone tidak perlu membawa kabel USB hanya untuk menghubungkannya dengan charger.

Agar lebih jelas mengenai pengertian, cara kerja, dan produk rekomendasinya. Silakan simak ulasan di bawah ini sampai selesai.

Pengertian alat wireless charging

Sesuai dengan namanya, alat ini terdiri dari dua kata, yakni wireless dan charging. Secara harfiah, wireless berarti tanpa kabel. Sedangkan charging berarti pengisian daya. Sudah jelas, bila digabungkan secara umum arti alat wireless charging adalah alat untuk mengecas tanpa kabel.

Recci-Wireless-Charging-Starry-Aman

Pada charger konvensional, proses pengisian daya bisa dilakukan dengan kabel sebagai konduktor. Di dalam kabel tersebut ada tembaga yang merupakan bahan konduktor untuk menghantarkan listrik.

Tapi alat nirkabel tidak membutuhkan kabel agar terhubung dengan smartphone. Hal ini benar-benar berbeda dari charger konvensional.

Apakah Anda sudah terbayang? Bila belum, silakan simak cara kerjanya di bawah ini:

Cara kerja wireless charging

Berikut ini adalah penjelasan ringkas mengenai proses kerja pengisian daya tanpa menggunakan kabel:

Cara kerja wireless charging

Konsep umum

Pada dasarnya konsep pengisian nirkabel (tanpa kabel ini) sudah ada sejak abad-19. Hal ini terjadi pada saat ilmuwan listrik Nicola Tesla mendemonstrasikan tentang kopling resonansi magnetik yang memiliki kemampuan untuk mentransmisikan listrik melalui udara.

Caranya adalah dengan menciptakan medan magnet antara dua sirkuit. Dua sirkuit tersebut tak lain adalah pemancar dan penerima.

Sayangnya, selama 100 tahun tak banyak aplikasi praktis yang mengusung teknologi ini. Hanya mungkin bisa dilihat pada pemakaian sikat gigi listrik.

Namun sekarang, pemakaian konsep nirkabel ini sudah merambah ke bidang teknologi, manufaktur, kesehatan, dan otomotif. Bahkan, alat-alat dapur juga sudah ada yang menggunakan konsep nirkabel.

RCW 01, Stand Wireless Charger

Cara kerja charger konvensional vs wireless

Membahas tentang charger tanpa kabel tentu tak bisa dipisahkan dari charger konvensional. Bila dibandingkan, charger konvensional menggunakan prinsip konduksi untuk mengisi daya, sementara wireless charging mengusung konsep induksi. Karena hal inilah charger wireless juga sering disebut sebagai pengisian induktif.

Agar lebih mudah dibayangkan, prinsip kerjanya seperti wifi atau bluetooth, di mana keduanya bisa digunakan untuk memindahkan data tanpa harus terhubung dengan kabel.

Secara detail, proses cara kerja wireless charging adalah:

Di dalam charger nirkabel terdapat induktor yang fungsinya adalah untuk mengubah arus listrik menjadi medan elektromagnetik. Selanjutnya, saat smartphone diletakkan di atas charger, maka medan elektromagnetik yang diterimanya akan diubah kembali menjadi arus listrik oleh kumparan yang ada di dalam HP tersebut.

Dengan demikian, proses pengisian daya dapat berlangsung secara otomatis. Proses ini juga akan berhenti bilamana baterai HP sudah full atau penuh.

Proses pengisian daya ini tidak harus tepat berada di wireless charger. Maksudnya, smartphone tidak melulu harus bersentuhan dengan pengisi daya. Charger tetap bisa melakukan pengisian asalkan smartphone berada di jarak yang masih bisa terjangkau oleh medan elektromagnetik.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua smartphone bisa di-charge menggunakan wireless charger. Kenapa?

Hal ini karena untuk bisa menangkap medan elektromagnetik dari charger diperlukan kumparan khusus. Sementara tidak semua smartphone memiliki kumparan tersebut.

Salah satu smartphone yang bisa di-charge dengan cara kerja wireless charging di atas adalah HP dengan standar Qi-certified. Saat ini, ada banyak sekali jenis smartphone yang menggunakan standar Qi ini. Tersedia dalam berbagai merek. Mulai dari Samsung hingga iPhone.

Yang perlu Anda ketahui, sebelum membeli produknya, cari tahu dulu spesifikasi dan teknologi yang ditawarkan oleh smartphone tersebut.

Baca Juga:

Recci Wireless Charger RCW-02 Wireless Charger

Produk Recci wireless Charger dengan Qi Standard yang recommended

Terlepas merek HP apa yang Anda gunakan, Recci merupakan salah satu penyedia wireless charger terbaik untuk seluruh merek smartphone. Kenapa? Produk ini sudah memenuhi Qi standard dengan desain dan komponen lengkap.

Berikut ini di antara alasan umum kenapa Recci sangat direkomendasikan:

  1. Bisa mendeteksi adanya smartphone dari jarak tertentu.
  2. Konsumsinya tidak terlalu boros.
  3. Charging bisa dilakukan dengan cepat.
  4. Desain yang keren.
  5. Tersedia dalam berbagai pilihan produk.

Setidaknya ada tiga jenis wireless charger yang ditawarkan oleh Recci kepada para pengguna HP. Di antaranya adalah Starry, RLS-L07, dan RLS-L01. Ketiganya memiliki spesifikasi dan desain yang berbeda.

Meski begitu, secara umum ketiganya dibuat dengan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Para pengguna HP bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Berikut ini adalah ulasan singkat ketiganya:

Starry

Recci Starry Wireless

Hadir dengan desain bulat simpel yang mewah dengan pilihan warna yang keren, yakni pink, hitam, dan putih. Hal ini membuat Starry banyak peminatnya. Bahan yang digunakan adalah yang terbaik ditambah dengan LED melingkar yang membuatnya tampil lebih kekinian.

RLS-L07

rls-l07-Recci Wireless Charger

 

Wireless charger RLS-L07 ini sangat unik dengan tambahan aksen setengah lingkaran yang multifungsi. Aksen setengah lingkaran ini dibekali dengan lampu sehingga bisa dipakai untuk menerangi HP selama proses pengecasan.

Di samping itu, bisa juga dimanfaatkan sebagai pegangan dan sandaran saat Anda hendak mengecas sambil mendengarkan musik atau menonton video.

Desainnya sangat elegan dan mewah, cocok sekali untuk Anda yang suka dengan sesuatu yang minimalis tapi multifungsi.

RLS-L01

rls-l01 Recci wireless

Desain RLS-L01 tak kalah uniknya. Ini merupakan wireless charger yang hadir dengan motif-motif indah yang bisa menenangkan. Pada piringannya yang bulat terdapat motif bunga dan gunung. Membuatnya terlihat tak seperti charger.

Tampilannya sangat minimalis dengan satu pilihan warna putih berpadu abu polos. Produk ini dilengkapi dengan turbulent overcharge protection. Jadi, sangat aman digunakan dan very recommended.

LED yang disematkan pada RLS-L01 ini diletakkan secara menyeluruh pada bagian pinggir motifnya. Sehingga pada saat menyala, motif pada piringannya terlihat seperti nyata terkena sinar lampu LED.

Itulah beberapa rekomendasi produk Recci dengan cara kerja wireless charging yang mumpuni. Bisa digunakan dengan cara diletakkan secara langsung, bisa juga diletakkan dalam jarak tertentu saat pengisian daya.

3 Comments

  1. […] Baca Juga “Cara Kerja Wireless Charging & Kelebihannya, Must Read!“ […]

  2. […] Cara Kerja Wireless Charging & Kelebihannya, Must Read! […]

  3. […] Cara Kerja Wireless Charging & Kelebihannya, Must Read! […]

Leave a Reply

BUY NOW