fbpx

Kabel Data dan Kabel Charger? Apa sih Bedanya?

Kabel data dan kabel charger

Beberapa orang mungkin akan salah faham perbedaan kabel data kabel charger. Di era yang semakin maju ini, penggunaan smartphone semakin hari semakin meningkat dan menunjukkan kebutuhan yang signifikan. Tak ayal jika orang mulai bertanya tanya apa perbedaan dari kabel data dan kabel charger. Hal ini karena beberapa brand mungkin menjadikan fungsi satu kabel untuk dua kebutuhan tersebut. Mari simak ulasan selengkapnya berikut.

Ketahui Perbedaan Kabel Charger dan Kabel Data

Sebenarnya dua model kabel ini bisa didapatkan hanya dengan satu kabel saja. Seringkali ditemui kabel charger yang juga digunakan untuk menstranfer data. Bahkan sambil menstanfer data, anda bisa sambil melakukan charging melalui komputer atau laptop anda. Semakin mudahnya dan majunya teknologi, semakin banyak pula vendor yang menggabungkan dua fungsi ini dalam satu kabel saja sehingga tidak merepotkan pengguna.

Hal ini juga membuat pengguna jauh lebih praktis untuk menggunakan kabel baik charging atau menstranfer data. Namun sebenarnya dua kabel ini memiliki perbedaan yang mendasar sebelum vendor menerbitkan kabel yang multifungsi.

Fungsi Kabel Charger:

  • Kabel charger atau kabel casan adalah kabel yang hanya bisa digunakan untuk charge saja dan tidak bisa digunakan untuk menstranfer atau menerima data. Kabel ini memang khusus untuk didesain untuk charging handphone saja.

Fungsi Kabel Data :

  • Berbeda dengan kabel charger, kabel data atau kabel usb yang memiliki peran untuk menstranfer dan menerima data dari handphone ke perangkat dan dapat mengisi daya baterai. Kabel ini lebih memiliki multifungsi untuk membantu kegiatan sehari hari dan tidak merepotkan. Apabila anda ingin melakukan charging dengan cepat, anda harus menggunkan kabel charger karena dapat mengalirkan arus 100% dari output yang dihasilkan oleh charger.

Kesimpulan:

Apabila dilihat secara langsung dua kabel ini tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Namun sebenarnya kabel untuk charging dan menstranfer data memiliki komponen yang berbeda di dalamnya. Apabila dibuka kabel charging hanya akan memiliki dua kabel saja yang merupakan sisi negatif dan positif sebuah aliran arus listrik. Sementara untuk kabel transfer data ini memiliki tambahan kabel di dalamnya karena berfungsi untuk menstranfer data dan cas HP.

Biasanya juga kabel untuk menstranfer data ini tidak memiliki kepala dibagian ujungnya. Berbeda dengan kabel untuk charging yang memiliki kepala karena berfungsi untuk menyalurkan listrik ke handphone atau laptop. Anda bisa membeli kabel untuk menstranfer data di konter terdekat dengan harga yang relatif murah. Namun untuk kabel cas anda harus membeli di gerai asli untuk mendapatkan kualitas yang jempolan.

Dari penjelasan ini tentu anda semakin tau perbedaan dari sebuah kabel cas dan kabel usb untuk menstranfer data. Anda bisa melihat kabel yang anda miliki sekarang dan melakukan kualifikasi. Biasanya kabel yang dijual oleh beberapa vendor akan menjual kabel dengan fungsi yang berbeda. Namun ada juga beberapa merk smartphone yang menjadikan kabel untuk menstranfer data dan juga untuk mengisi daya.

Baca Juga:

 

 Tips Memilih Kabel USB yang Bagus Serta Cara Merawatnya

Kabel data tentu memiliki peranan yang penting untuk mendukung pengiriman data dari ponsel ke komputer atau sebaliknya. Kabel USB ini sebenarnya sangat rentan rusak, namun kerusakannya bisa jadi karena cara pemakaian pengguna atau ada kerusakan dari perangkat dan gadget yang dipakai. Penting bagi anda untuk tahu bagaimana memilih dan merawat kabel USB agar awet dan tidak mudah rusak.

Cara Memilih Kabel USB

  • Pertama lihat keterangan yang ada di dalam kemasan untuk mengetahui spesifikasi yang dimiliki oleh kabel USB tersebut. Biasanya kabel USB sendiri terdiri dari dua jenis yang pertama hanya bisa digunakan untuk charging saja, dan yang kedua bisa digunakan untuk charging dan menstranfer data. Pilihlah kabel USB yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Pastikan jika kepala USB sudah sesuai dengan Port USB yang anda miliki. Jangan sampai salah untuk membeli dan tanyakan kepada penjual spesifikasi dari kabel yang anda pilih. Tips selanjutnya adalah memilih bahan kabel yang digunakan. Ini adalah hal terpenting untuk membuat kabel tetap awet dan tidak mudah sobe, gampang putus atau mungkin anti interference.
  • Pastikan jika anda memilih kabel USB yang kompetibel sehingga sesuai dengan perangkat  yang anda miliki. Apabila anda hanya membutukan kabel untuk charging saja, maka carilah kabel yang sesuai dengan port USB nya. Hal ini sangat penting untuk membuat kabel USB yang anda miliki bisa awet untuk jangka waktu yang cukup panjang. Apabila kabel USB dan kepala port tidak sama, maka bisa menimbulkan kerusakan pada kabel dan tidak bisa digunakan kembali.

Cara Mudah Untuk Merawat Kabel USB

  • Agar tidak cepat rusak, anda bisa memperhatikan cara merawat kabel data dengan benar. Gunakanlah kabel USB dengan hati hati sehingga anda tidak akan menyesal jika sudah rusak. Jangan biarkan kabel USB ini tergeletak di sembarang tempat karena akan rawan diinjak dan rusak. Usahakan untuk tidak menggulung kabel USB karena akan menyebabkan putusnya aliran listrik yang ada di dalam kabel.
  • Tembaga yang ada di dalam kabel tidak bisa menghantarkan listrik secara optimal jika tertekuk. Selalu rapikan kabel dengan membentuk sudut sekitar 5 hingga 60 derajat. Apabila anda bingung, bentuklah lingkaran atau segitiga agar kabel tidak terputus. Penggulungan kabel akan semakin fatal apabila dilakukan selama 3 hingga  bulan lamanya. Mau tidak mau anda harus membeli kabel yang baru karena kabel USB anda tidak bisa digunakan.
  • Supaya lebih awet, anda bisa menggunakan pelindung kabel yang bagus dan tengah pouler sekarang. Anda bisa memilih pelindung kabel dengan bentuk spiral atau per yang mudah dipasang langsung ke kabel. Pelindung kabel ini adalah aksesoris yang paling laris dipasaran karena penggunaan kabel data ini akan semakin meningkat.
  • Bagi anda yang terbiasa menarik langsung kabel, hal ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kabel USB rusak. Selepas menggunakna kabel USB lepaskan kabel dengan pelan pelan sehingga tidak akan membuatnya rusak atau terputus. Jangan melepas kabel dengan menariknya karena dijamin kabel anda tidak awet untuk waktu yang lama. Cobalah untuk mencabut atau menarik baigian kepala USB sehingga kabel akan tetap awet digunakan.
  • Apabila anda adalah salah satu orang yang selalu menggunakan kabel untuk membantu kegiatan sehari hari, mungkin anda perlu untuk menggunakan kabel USB cadangan. Terkadang anda akan mengalami momen dimana tanpa senagaja anda terburu buru menggulung kabel dan memasukkanya ke dalam tas. Hal ini tentu berbahaya dan bisa menyebabkan kerusakan pada kabel. Untuk itulah anda bisa membeli kabel data cadangan untuk mengantisipasi hal tersebut.

Cek Produk Recci Lainnya:

Itulah beberapa ulasan menarik mengenai kabel charger dan juga kabel data USB yang tidak banyak orang tahu. Meskipun banyak sekali kabel yang memiliki multi fungsi, namun perlu diketahui bahwa dua kabel ini memiliki fungsi yang berbeda. Anda bisa mendapatkan kabel untuk menstranfer data di Recci yang menyediakan beragam pilihan elektronik menarik dan terpercaya. Mari kunjungi website resmi Recci di www.recci.id untuk mendapatkan info lebih lanjut.

7 Comments

  1. […] Ini Bedanya Kabel Data dan Kabel Charger […]

  2. […] Kabel Data dan Kabel Charger? Apa sih Bedanya? […]

  3. […] Kabel Data dan Kabel Charger? Apa sih Bedanya? […]

Leave a Reply

BUY NOW