fbpx

7 Tips Memilih Powerbank Yang Bagus, Supaya Tak Merusak Smartphone!

Powerbank RPB P03 bagus dengan wireless

Powerbank merupakan perangkat yang menjadi kebutuhan banyak orang saat ini. Di era teknologi yang serba modern, mengisi daya ulang baterai smartphone tidak lagi sulit karena sudah ada powerbank. Powerbank lebih praktis karena bisa digunakan dimana pun kita berada.

Powerbank pink pilihan bagus untuk wanita

Meski begitu, jangan sembarangan memilih powerbank untuk dipakai pada smartphone. Salah memilih powerbank, justru akan merugikan perangkat gadget. Kalau membeli powerbank yang abal-abal, bisa beresiko membuat baterai bocor sehingga smartphone Anda menjadi rusak. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih powerbank. Kualitas powerbank yang bagus bisa dikenali dari spesifikasi yang ada. Untuk membahas powerbank lebih jauh, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah mengetahui ciri-ciri powerbank tersebut. Banyak yang menjual powerbank dengan harga murah tapi belum tentu bagus secara kualitas. Tentunya, prinsip ‘ada harga maka ada kualitas’ berlaku juga pada powerbank.

Nah, berikut ini ciri-ciri powerbank yang bagus dilihat dari fitur yang diberikan:

  • Short Circuit Protection

Short Circuit Protection adalah fitur yang harus ada pada powerbank. Fitur ini dapat memutuskan secara otomatis koneksi daya ke smartphone bila terjadi masalah korsleting saat mengecas. Dengan kata lain, fitur Short Circuit Protection akan menghindari resiko kebakaran atau ledakan pada perangkat smartphone.

  • Over Current Protection

Ciri-ciri powerbank bagus selanjutnya adalah terdapat fitur Output Over Current Protection. Fitur ini akan menjaga terjadinya aliran arus listrik yang berlebih ke smartphone saat proses charging. Hal ini dikarenakan kemampuan fitur yang memiliki teknologi pendeteksi arus daya output yang tidak normal sehingga secara otomatis akan memutus daya secara langsung. Maka dengan adanya fitur ini besarnya aliran arus daya tetap konstan dan diterima sesuai dengan kapasitas input gadget. Fitur Overcurrent Protection dapat menghindari kerusakan pada smartphone Anda.

  • Voltage Protection

Voltage protection merupakan fitur pendeteksi tegangan pada powerbank. Terdapat dua fitur yakni input Voltage protection dan output voltage protection. Keduanya berguna dalam menjaga batas daya output dan input agar tidak berlebihan. Jika ada kondisi yang tidak normal, maka secara otomatis powerbank akan memutus aliran daya secara langsung. Ini penting untuk menjaga aliran daya yang masuk pada smartphone dan powerbank Anda.

  • Over Charging Protection

Untuk mengantisipasi kelebihan daya pada smartphone, maka fitur Over Charging Protection mesti ada pada powerbank. Secara sederhana, Over Charging Protection merupakan fitur untuk menghentikan proses charging ketika daya pada smartphone sudah terisi penuh. Maka dari itu, powerbank yang bagus mesti memiliki fitur ini untuk menyesuaikan pemakaian daya yang sesuai dengan kebutuhan perangkat smartphone. Ini sangat baik bagi pengguna yang sering lupa saat mengecas smartphone dengan powerbank.

  • Temperature Protection

Fitur selanjutnya yang harus ada pada powerbank adalah Temperature Protection. Fitur ini bisa menghindari smartphone mengalami kerusakan karena efek suhu panas saat sedang mengecas. Fitur yang sangat bermanfaat dan bagus karena memberi proteksi pada pengguna smartphone. Dengan kata lain, fitur ini akan menjaga suhu baterai dalam derajat yang sudah ditentukan, sehingga smartphone tidak mengalami overheat yang bisa beresiko terjadinya kerusakan.

  • Reset Protection

Tidak ada perangkat elektronik yang sempurna. Maka powerbank bagus juga memberikan perlindungan sendiri di saat mengalami masalah. Kemampuan fitur reset protection sangat membantu ketika powerbank mengalami gangguan dan harus dimatikan. Cukup menekan tombol reset, maka powerbank dapat menyala ulang kembali dan bisa digunakan.

  • Long Recycle Time

Berikutnya pada powerbank yang bagus yakni memiliki fitur long recycle time. Meski sudah digunakan berulang kali, semestinya powerbank dapat bertahan pada kemampuan maksimalnya. Umumnya, powerbank memiliki batas recycle time penggunaan selama 1000 kali. Setelah itu, fungsi powerbank akan menurun namun tetap bisa digunakan meski tidak maksimal lagi.

Selain mengenali fiturnya, ada beberapa cara lain untuk melihat bagaimana kualitas powerbank tersebut. Powerbank yang bagus tentu memiliki perbedaan dari sisi harga, bentuk, dan spesifikasinya. Dalam hal menentukan powerbank yang bagus juga dapat menghindari Anda mendapatkan powerbank palsu. Sangat berhabahaya jika Anda menggunakan powerbank palsu yang bukan merek aslinya.

Nah, berikut membedakan powerbank bagus dan asli.

Jenius powerbank sangat cocok buat traveling

  • Kapasitas Sesuai dengan Harga

Cara membedakan powerbank kualitas bagus dan juga asli adalah dengan membandingkan harga dan spesifikasi yang ditawarkan. Coba cek kapasitas power bank tersebut, jika menawarkan kapasitas power bank besar dengan harga jual yang murah, sangat mungkin power bank tersebut palsu.

Terlebih lagi, jika Anda menemukan suatu produk power bank dari merek ternama dengan kapasitas besar tapi dijual dengan harga murah, maka barang tersebut bisa dipastikan palsu.

  • Cek Baterai

Power bagus dan sudah asli dari merek ternama tentu menggunakan kualitas baterai yang baik. Terdapat nomor seri dan tulisan asal baterai sebagai tanda otentifikasi. Meski begitu, 

Anda perlu mengecek pada bagian baterai yang tersemat di power bank. Sebaiknya cek apakah baterai yang disematkan adalah baterai abal-abal atau baterai yang memang berkualitas bagus.

  • Bobot Powerbank

Salah satu yang pertimbangan powerbank bagus atau tidak bisa dilihat dari berat atau bobot. powerbank semakin besar kapasitasnya maka semakin besar pula ukuran power bank tersebut. Umumnya, power bank dengan kapasitas  20.000 mAh memiliki berat berkisar 500 gram, sedangkan untuk kapasitas dibawahnya memiliki berat kurang lebih 200 gram.

  • Tes Daya Langsung

Jika ingin mengetahui powerbank tersebut bagus dan asli bisa coba untuk mengetes daya langsung. Powerbank yang bagus biasanya akan mengisi daya smartphone Anda dengan cepat. Sedangkan, powerbank dengan kualitas jelek akan mengisi daya ke smartphone dalam waktu lama. Ini tergantung pada output daya yang dimiliki. Oleh karena itu, Anda bisa lakukan tes langsung daya powerbank ke smartphone. 

Performa powerbank juga terkait dengan masalah penggunaan. Powerbank yang bagus harus dirawat dengan baik. Oleh karenanya, penggunaan powerbank yang sembarangan bisa berakibat fatal bahkan kerusakkan pada perangkat smartphone dan powerbank itu sendiri. Kebiasaan pengguna bisa menurunkan kualitas powerbank, diantaranya:

  • Terlalu Lama Ngecas Powerbank

Powerbank yang bagus harus tetap dijaga perawatannya. Salah satunya adalah tidak terlalu lama atau berlebihan saat diisi ulang. Mengisi ulang daya power bank sebaiknya mengikuti ketentuan. Setiap perangkat tentunya ada batas lama pengisian daya. Seperti halnya smartphone, power bank yang terlalu over charging akan cepat mengalami kerusakan. 

  • Terlalu Sering Dicas

Power bank yang terlalu sering diisi ulang bisa tidak berfungsi secara normal misalnya cepat habis saat digunakan atau lambat menyerap daya. Ini akan menurunkan kualitas powerbank tersebut. Perlu kamu tahu, kalau power bank memiliki dua jenis penggunaan baterai yakni Li-Po dan Li-Ion. Keduanya terdapat aturan isi ulang dimana Li-Po memiliki batas 1000 kali pengisian, sedangkan Li-Ion memiliki batas 500 kali pengisian.

Selain itu, Kamu juga harus menghindari keseringan isi ulang dalam kondisi power bank mati. Usahakan segera mengisi ulang power bank di saat baterai masih menyimpan sedikit daya. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa melihat lampu indikator di power bank. Dalam kondisi baterai yang tinggal sedikit, biasanya lampu indikator akan menunjukkan tanda seperti berkedip atau jumlah lampu indikator baterai yang berkurang.

  • Meletakkan Powerbank di Tempat Panas

Menjaga powerbank supaya tetap baik performanya adalah tidak meletakkannya sembarangan. Penyebab power bank rusak yaitu sering meletakkannya di tempat panas saat diisi ulang atau digunakan. Pasalnya, tempat yang panas dapat mengurangi sirkulasi udara sehingga power bank dapat menjadi rusak karena terlalu berlebihan menyerap panas.

  • Menggunakan Powerbank Saat Dicas

Perangkat powerbank akan mudah rusak jika dipakai saat sedang dicas. Sama halnya dengan smartphone, ketika dua-duanya digunakan bersamaan maka akibatnya kedua perangkat mudah rusak. Selain merusak perangkat keduanya, tindakan ini juga beresiko pada kesehatan dan keselamatan Kamu.

  • Selalu Jaga Powerbank Di Tempat Aman

Setiap perangkat tentunya sangat sensitif dengan suhu tertentu. seperti halnya powerbank yang sensitif terhadap tempat panas, maka sebaiknya letakkan powerbank di tempat yang sejuk dan kering. Selain itu, tempat yang aman juga menghindari powerbank mengalami benturan keras. Pasalnya, jika sering mengalami benturan keras, bisa mengakibatkan pengisian daya dari powerbank ke perangkat lain menjadi tidak normal.

Baca Juga:

Recci Rpb p03 bagus

Powerbank adalah perangkat penting yang perlu Anda bawa saat beraktivitas dimana saja. Semua pilihan powerbank terbaik bisa Anda dapatkan pada produk Recci. Recci Indonesia menghadirkan produk aksesoris smartphone berkualitas seperti Powerbank, Kabel Charger, Earphone, Wireless Charger dan aksesoris lainnya. Dengan teknologi lebih modern dan ergonomis, produk Recci dapat menemani Anda menikmati konten hiburan seperti musik, video atau podcast yang lebih mengasyikkan dan smart untuk mengisi waktu luang.

Leave a Reply

BUY NOW