fbpx

5 Cara Praktis Merawat Powerbank Supaya Tetap Awet

cara merawat powerbank supaya tetap awet

cara merawat powerbank supaya tetap awet

Power bank merupakan perangkat yang menjadi kebutuhan banyak orang saat ini. Sebagai perangkat penyimpan daya yang praktis, banyak orang membawa power bank untuk keperluan isi ulang daya smartphone saat di kantor, sekolah, atau traveling. Namun demikian, banyak pula orang yang masih belum tahu bagaimana merawat powerbank yang baik supaya tetap awet.

Seringnya, power bank digunakan ternyata bisa menyebabkan perangkat tersebut mudah rusak. Ada beberapa penyebab kerusakan power bank yang sering terjadi. Kerusakan bisa disebabkan karena kelalaian pengguna atau memang kualitas power bank yang jelek.

Nah, berikut ketahui 5 Cara merawat Powerbank Supaya Tetap Awet

 

1. Jangan Terlalu Lama Ngecas Powerbank

Banyak orang mungkin sering melakukan kesalahan satu ini. Yup, Ngecas Power Bank terlalu lama atau berlebihan.  Ngecas atau mengisi ulang daya power bank sebaiknya mengikuti ketentuan. Setiap perangkat tentunya ada batas lama pengisian daya. Seperti halnya smartphone, power bank yang terlalu over charging akan cepat mengalami kerusakan. Power bank yang over charging bisa tidak berfungsi atau mengalami gangguan pengaliran daya. Maka dari itu, sebaiknya power bank dicas sesuai petunjuk umumnya 3-4 jam sekali pengisian.

 

2. Terlalu Sering Dicas

Salah satu penyebab power bank sering rusak adalah terlalu sering mengisi ulang daya. Power bank yang terlalu sering diisi ulang bisa tidak berfungsi secara normal misalnya cepat habis saat digunakan atau lambat menyerap daya.

Perlu kamu tahu, kalau power bank memiliki dua jenis penggunaan baterai yakni Li-Po dan Li-Ion. Keduanya terdapat aturan isi ulang dimana Li-Po memiliki batas 1000 kali pengisian, sedangkan Li-Ion memiliki batas 500 kali pengisian.

Selain itu, Kamu juga harus menghindari keseringan isi ulang dalam kondisi power bank mati. Usahakan segera mengisi ulang power bank di saat baterai masih menyimpan sedikit daya. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa melihat lampu indikator di power bank. Dalam kondisi baterai yang tinggal sedikit, biasanya lampu indikator akan menunjukkan tanda seperti berkedip atau jumlah lampu indikator baterai yang berkurang.

 

3. Jangan Letakan Power Bank Di Tempat Panas

Penyebab power bank rusak selanjutnya adalah meletakkan power bank di tempat panas saat diisi ulang atau digunakan. Pasalnya, tempat yang panas dapat mengurangi sirkulasi udara sehingga power bank dapat menjadi rusak karena terlalu berlebihan menyerap panas.

 

4. Jangan Gunakan Power Bank Saat Dicas

Perangkat power bank akan mudah rusak jika dipakai saat sedang dicas. Sama halnya dengan smartphone, ketika dua-duanya digunakan bersamaan maka akibatnya kedua perangkat mudah rusak. Selain merusak perangkat keduanya, tindakan ini juga beresiko pada kesehatan dan keselamatan Kamu.

 

5. Selalu Jaga Power Bank Di Tempat Aman

Setiap perangkat tentunya sangat sensitif dengan suhu tertentu. seperti halnya power bank yang sensitif terhadap tempat panas, maka sebaiknya letakkan power bank di tempat yang sejuk dan kering. Selain itu, tempat yang aman juga menghindari power bank mengalami benturan keras. Pasalnya, jika terjadi benturan keras, pengisian daya dari power bank ke perangkat lain menjadi tidak normal.

 

——

Kebutuhan aksesoris smartphone semakin meningkat di tengah perubahan gaya hidup masyarakat. Untuk mendukung trend dan kebutuhan tersebut, Recci Indonesia menghadirkan produk aksesoris smartphone berkualitas seperti Powerbank, Kabel Charger, Earphone, Wireless Charger dan aksesoris lainnya. Dengan teknologi lebih modern dan ergonomis, produk Recci dapat menemani Anda menikmati konten hiburan seperti musik, video atau podcast yang lebih mengasyikkan dan smart untuk mengisi waktu luang.

 

1 Comment

  1. […] 5 Cara Praktis Merawat Powerbank Supaya Tetap Awet […]

Leave a Reply

BUY NOW