fbpx

Begini Cara Menjaga Kabel Charger Supaya Tidak Putus

Begini Cara Menjaga Kabel Charger Supaya Tidak Putus

Begini Cara Menjaga Kabel Charger Supaya Tidak Putus

Kabel Charger merupakan aksesoris penting pada smartphone yang sering dibawa bepergian oleh semua orang. Namun, pengguna seringkali tidak hati-hati menggunakan kabel charger.  Oleh karenanya, keseringan mengabaikan perawatan kabel charger sehingga mudah rusak bahkan putus.

 

Secanggih apapun smartphone kamu, tak akan berfungsi bila tidak ada kabel charger. Sedikit saja kabel charger mengalami gangguan, maka mempengaruhi perangkat smartphone. Kerusakkan perangkat ini bisa mempengaruhi pengisian daya pada smartphone menjadi lebih lama.

 

Merawat kabel sebenarnya tidak terlalu sulit asal terbiasa dengan benar. Kamu yang memiliki smartphone iPhone atau Android, sebaiknya perlu tahu penggunaan kabel charger dengan benar. Berikut ini beberapa tips aman menjaga kabel charger agar tidak rusak.

 

1. Jangan Salah Gulung

Menggulung kabel charger tidak boleh sembarangan. Kabel charger harus digulung dengan hati-hati dan tidak boleh ditekuk berlebihan. Menekuk kabel dengan cara salah akan membuat lapisan bagian luar sobek sehingga bagian dalam terlihat. Bagian dalam yang dekat dengan sambungan USB akan mudah rusak dan tidak mengaliri daya dengan baik. Oleh karena itu, gulunglah kabel dengan benar tanpa harus menekuknya keras.

 

2. Jangan Sering Menarik Kabel Langsung

Supaya kabel charger kamu tetap awet, sebaiknya jangan menarik tali kabel saat mencabut kabel yang tersambung dengan smartphone. Tariklah pada bagian ujung connector atau kepala adaptor dengan hati-hati. Hal ini dilakukan supaya kabel kamu tidak putus atau rusak.

 

3. Pakai Pelindung Kabel

Sekarang ini sudah banyak yang menggunakan pelindung kabel supaya tetap awet. Gunakan pelindung kabel dari bahan lentur yang berbentuk spiral kemudian lilitkan ke kabel. Kabel akan seperti terbungkus sebuah benda padat namun tetap lentur. Fungsi pelindung ini untuk melindungi kabel supaya tidak rusak terkelupas.

 

4. Gunakan Kepala Charger Yang Sesuai

Supaya kabel charger kamu awet, sebaiknya gunakan kepala charger yang memang satu paket dengan kabel. Ketika membeli smartphone tentunya kamu mendapatkan satu set charger original. Jangan pernah menggantinya, jika tidak ingin pengisian daya kamu bermasalah. Sebaiknya, selalu jaga kabel original dengan baik.

 

5. Langsung Cabut Setelah Digunakan

Kebiasaan yang membuat kabel charger cepat rusak adalah membiarkan kabel tetap terhubung dengan perangkat listrik. Sebaiknya, mencabut kabel charger setelah selesai digunakan. Selain menghindari resiko kebakaran, mencabut kabel juga bisa menjaga komponen di dalamnya. Komponen karet dapat hangus terbakar dan membahayakan keamanan dan keselamatan manusia.

 

————-

 

Kebutuhan aksesoris smartphone semakin meningkat di tengah perubahan gaya hidup masyarakat. Untuk mendukung trend dan kebutuhan tersebut, Recci Indonesia menghadirkan produk aksesoris smartphone berkualitas seperti Powerbank, Kabel Charger, Earphone, Wireless Charger dan aksesoris lainnya. Dengan teknologi lebih modern dan ergonomis, produk Recci dapat menemani Anda menikmati konten hiburan seperti musik, video atau podcast yang lebih mengasyikkan dan smart untuk mengisi waktu luang.

 

Leave a Reply

BUY NOW