fbpx

9 Alasan Kenapa Kabel Charger Lama Mengisi Daya Ke Ponsel

Kabel Charger Lama Mengisi Daya

Menunggu pengisian baterai ponsel yang lambat memang kerap membuat kita kesal. Apalagi kalau sedang terburu-buru, rasanya ingin secepat kilat baterai bisa full terisi. Lalu, apa sebenarnya penyebab pengisian daya baterai menjadi lambat?

Masalah lamanya pengisian daya bisa jadi disebabkan dari kabel charger yang digunakan. Kabel charger merupakan faktor utama penyebab pengisian baterai menjadi lebih lama.

Kabel charger merupakan perangkat yang berfungsi mengalirkan daya dari sumber listrik ke baterai ponsel. Fungsi kabel charger memang didesain khusus untuk pengecasan (charging) dengan besaran arus daya tertentu. Tanpa kabel charger, pengisian daya ke ponsel memang bisa menggunakan perangkat lain seperti kabel data yang disambungkan pada perangkat keras. Namun, cara ini tidak efektif dan sangat tidak dianjurkan untuk mengalirkan daya secara terus-menerus.

Selain untuk ponsel, umumnya pemakaian kabel charger juga digunakan untuk mengisi baterai pada perangkat lain seperti laptop, powerbank, lampu, dan sebagainya. Masalah yang dihadapi saat pengisian baterai biasanya sama yakni lambat mengisi, terlalu cepat, atau bahkan baterai tidak terisi daya sama sekali.

Ini Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis

Ini Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis

Penyebab Kabel Charger Lambat Mengisi Daya

Setelah kita mengetahui fungsi kabel charger, maka selanjutnya mencari penyebab mengapa kabel charger lambat mengisi daya ke ponsel. Ada beberapa dugaan yang bisa menjadi penyebabnya diantaranya mulai dari kualitas kabel charger itu sendiri atau adanya masalah di komponen smartphone. Nah berikut penyebab kabel charger lambat mengisi daya baterai ponsel.

  • Buruknya Kualitas Kabel Charger

Masalah pertama adalah dari buruknya kabel charger yang Anda digunakan. Jika waktu pengisian daya pada ponsel terasa lama, coba periksa kembali kabel charge Anda. Perlu diketahui, semakin sering kabel charger digunakan maka kualitasnya akan semakin menurun.

Menurunnya kualitas kabel charger juga bisa disebabkan cara perawatan yang sembarangan. Jika kabel sering tertekuk, tertindih benda berat, atau mengalami benturan berulangkali maka sudah sangat mungkin fungsinya tidak berjalan dengan normal. Selain itu, keseringan cabut pasang kabel ke port USB ponsel juga dapat menurunkan kualitas kabel itu sendiri.

  • Pakai Kabel Charger KW

Selanjutnya penyebab lamanya baterai penuh karena kabel charger yang digunakan tidak original atau sesuai standar. Artinya Anda menggunakan kabel charger dengan kualitas rendah atau KW. Menggunakan kabel charger KW juga bisa menyebabkan pengisian baterai menjadi lambat.

Sangat disarankan untuk menjaga kabel asli atau bawaan dari ponsel agar jangan sampai hilang. Sebab kabel charger original lebih jauh berkualitas dibandingkan kabel KW yang tidak mampu mengisi daya secara cepat pada ponsel.

  • Adaptor Charger Tidak Berfungsi Normal

Penyebab lain pengisian baterai yang lambat adalah pada komponen adapter charger. Adapter berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya pengisian baterai.  Oleh karena itu, perlu diperhatikan apakah adapter charger Anda dalam kondisi baik atau rusak. Sama seperti kabel, kerusakkan adapter bisa terjadi karena tertindih, terbentur, atau pernah terinjak kaki Anda sendiri. 

Jika memang sudah rusak sebaiknya membeli adapter baru yang sesuai dengan merek ponsel yang Anda gunakan atau pastikan adapter tersebut barang original. Disarankan, tidak membeli adapter KW atau tanpa merek yang jelas karena membuat pengisian daya ke baterai menjadi kurang maksimal.

Perbedaan kabel data dan kabel charger

Cara Memilih Charger Dengan Fitur Fast Charging Terbaik

  • Lemahnya Sumber Daya Listrik

Memeriksa sumber aliran listrik ke ponsel adalah cara mengetahui penyebab lambatnya pengisian daya baterai ponsel. Kalau Anda mengisi baterai ponsel dari sumber daya yang ada pada perangkat laptop atau PC, sudah tentu pengisiannya akan lambat. Biasanya ini disebabkan tidak cukup besarnya daya dari port untuk melakukan pengisian listrik ke ponsel secara cepat. Sebagaimana diketahui, perangkat laptop umumnya hanya mampu menghasilkan arus sebesar 0,5 A karena masih menggunakan teknologi USB 2.0. Menggunakan daya dari laptop memang sering terjadi. Kasus ini sering dialami oleh banyak orang ketika mereka tidak menemukan stop kontak saat ponsel membutuhkan isi ulang daya. 

  • Tidak Dilengkapi Fitur Fast Charging

Penyebab lainnya mengapa pengisian baterai lambat karena perangkat kabel charger tidak didukung teknologi fast charging. Apa itu fast charging? Fast charging merupakan teknologi yang dibenamkan pada perangkat elektronik termasuk aksesoris gadget dengan tujuan pengisian daya lebih cepat. Teknologi fast charging adalah fitur pengisian cepat baterai yang paling terbaru. Masalah pengisian daya yang lambat mungkin saja karena kabel charger Anda tidak didukung teknologi tersebut. Namun begitu, penggunaan teknologi fast charging juga mesti kompatibel ke sesama perangkat. Artinya baik smartphone dan kabel charger harus sama -sama didukung teknologi serupa agar pengisian cepat berjalan dengan baik.

  • Baterai Ponsel Jelek

Salah satu penyebab lain pengisian daya ke ponsel lambat karena kondisi baterai Anda sudah jelek. Jika tidak ada masalah pada kabel charger yang digunakan maka sebaiknya periksa kondisi baterai ponsel. Kondisi baterai yang buruk bisa disebabkan karena faktor umur baterai itu sendiri. Umur baterai bisa jadi sudah tua dan bergelembung. Hal ini akan berdampak pada menurunya kualitas baterai karena semua baterai ada batas masa penggunaannya. Selain itu, lambatnya pengisian daya bisa disebabkan kapasitas baterai yang sangat besar. Boleh jadi bukan karena terjadi kerusakan, tetapi memang baterai membutuhkan waktu lama untuk terisi penuh karena kapasitasnya yang besar.

Umur baterai yang sudah tua, juga mungkin diikuti dengan umur ponsel itu sendiri. Di dalam sebuah ponsel terdapat sebuah chip khusus untuk pengisian daya ke baterai. Bila ponsel sudah lama digunakan bisa jadi fungsi chip akan mengalami penurunan alias habis masanya. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya pengisian baterai.

Charger HP Semalaman Apakah Aman?Mitos dan Fakta Baterai HP!

 

  • Banyak Aplikasi yang Berjalan

Faktor selain kabel charger adalah aplikasi pada smartphone yang banyak berjalan. Biasanya, ponsel yang sedang dicas dalam posisi hidup. Saat itu, aplikasi yang berjalan di latar belakang seperti Whatsapp, Instagram, Line, dan sejenisnya terus aktif memunculkan notifikasi. Maka dari itu, disarankan saat sedang mengecas Anda bisa mematikan ponsel atau mengaktifkan mode pesawat sementara waktu.

  • Masalah Pada Port USB 

Port charger yang mengalami kerusakan bisa menyebabkan terganggunya pengaliran daya ke ponsel. Dalam hal ini, port charger terkadang mengalami korosi sehingga tidak mampu tersambung pada konektor ponsel dengan baik. Alhasil, aliran daya pun menjadi lambat atau bahkan tidak mengalirkan daya sama sekali. Pemakaian ponsel yang sudah lama dan sering cabut pasang kabel charger juga membuat lubang port ponsel akan semakin longgar.

Apa itu Kabel Charger Type-C? Ini Keunggulan dan Sejarah Lengkapnya

  • Main Ponsel Sambil Ngecas

Jangan salahkan kabel charger mengisi daya terlalu lambat jika Anda memiliki kebiasaan buruk memainkan ponsel saat dicas. Kebiasaan ini membuat kecepatan pengisian daya menjadi lebih lambat. Biasanya, orang-orang kurang bersabar menunggu saat ponsel sedang dicas. Mereka menggunakan ponsel untuk bermain game, browsing, bahkan menelepon yang sangat membahayakan keselamatan. 

Selama smartphone di isi, disarankan berhenti menggunakan ponsel. Hal ini juga akan mengurangi suhu panas berlebih yang dikeluarkan. Oleh karenanya, lebih baik tinggalkan ponsel selagi mengisi baterai agar kecepatan pengisian lebih maksimal.

Bingung mencari kabel fast charging yang bagus? Produk Recci menghadirkan semua kebutuhan aksesoris smartphone Anda. Recci memberikan berbagai macam pilihan kabel data dengan standar teknologi modern. Ada beragam pilihan seperti kabel tipe RCT-P100 atau RCT-P200 dan masih banyak yang lain. Semua aksesoris kabel terbuat dari materi PVC yang elastis dan kokoh. Selain kabel charger, beberapa aksesoris lain juga tersedia seperti Powerbank, Earphone, Wireless Charger dan lainnya. Dengan teknologi lebih modern dan ergonomis, produk Recci dapat menemani Anda menikmati konten hiburan seperti musik, video atau podcast yang lebih mengasyikkan dan smart untuk mengisi waktu luang.

Leave a Reply

BUY NOW