fbpx

Charger HP Semalaman Apakah Aman?Mitos dan Fakta Baterai HP!

Mitos dan fakta Charger HP Semalaman

Ketika sedang mengisi daya ponsel, mungkin Anda terkadang lupa hingga HP tersebut terisi semalaman. Banyak yang mengatakan bahwa kebiasaan ini akan merusak baterai HP, namun ada juga yang mengatakan bahwa itu tidak masalah. Sebenarnya aman tidak ya mengisi daya menggunakan charger HP semalaman? Simak jawabannya pada ulasan ini.

Berbagai Jenis Baterai HP

Tipe baterai hp

Meski HP sudah akrab dengan kehidupan sehari-hari Anda, mungkin saja banyak dari Anda yang belum mengetahui jenis baterai HP. Hal ini penting untuk diketahui. Jadi jika suatu waktu baterai HP Anda mengalami kerusakan, Anda bisa mengganti dengan baterai yang tepat. Berikut beberapa jenis baterai yang digunakan pada HP.

  • Baterai Ni-Cd/NiCad (Nikel-Cadmium)

Baterai ini umumnya digunakan pada ponsel keluran lama. Pengisian ulangnya bisa menggunakan nikel oksida hidroksida. Elektrodanya menggunakan logam kadmium. Pada baterai ini masih terdapat efek memori yang mengakibatkan pengurangan kapasitas baterai. Pengisiannya sendiri harus dilakukan saat baterai benar-benar kosong. 

  • Baterai Li-ion/Lithium-ion

Baterai jenis ini menjadi baterai yang cukup banyak digunakan pada smartphone masa kini. Massanya ringan dan jangka waktu ketahanannya cukup lama. Selain itu, desain dan kepadatan energinya ringan, serta bisa menghasilkan sumber energi dengan baik. Namun salah satu kekurangannya adalah baterai ini bisa begitu panas, bahkan terbakar jika tidak berhati-hati.

  • Baterai LiPo/Lithium-Polymer

Selain Li-ion, baterai LiPo juga semakin umum digunakan pada smartphone. Sekilas memang mirip, namun LiPo lebih fleksibel, jadi memungkinkan untuk dipakai di perangkat yang lebih kecil. Kepadatan energinya juga lebih ringan, namun lebih banyak. Masa pakai baterai juga lebih lama, bahkan mencapai 40% lebih lama dibanding jenis lain. Harga baterai LiPo terbilang paling mahal dan sedikit lebih mudah terbakar karena terbuat dari bahan plastik.

Amankah Mengisi Daya HP Semalaman?

Banyak yang mengatakan bahwa mengisi daya dengan charger HP semalaman bisa membuat baterai rusak atau “jebol”. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah, karena baterai HP lama-lama bisa rusak jika sering diisi semalaman. Namun pernyataan tersebut juga tidak sepenuhnya benar kok. Berikut ini penjelasannya.

  • Baterai HP sudah pintar seperti ponselnya 

Berbagai ponsel pintar saat ini sudah memiliki berbagai fitur untuk mendukung kecanggihannya. Salah satunya adalah kemampuan untuk menghitung dan menyesuaikan daya yang masuk ke baterainya. Semua charger HP keluaran terbaru saat ini sudah dibekali oleh chipset built-in. Alat tersebut bisa mencegah proses pengisian daya ketika baterai sudah hampir 100%.

  • Baterai non-removable lebih tahan lama

Saat ini sebagian besar smartphone sudah menggunakan baterai non-removable. Karena penggantiannya tidak semudah baterai removable, maka masa pakai baterai non-removable bisa lebih lama. Didukung dengan teknologi canggih smartphone untuk menjaga kesehatan baterai, maka masa pakai baterai bisa lebih terjamin.

  • Siklus pengisian daya untuk menghitung masa baterai

Sebenarnya belum ada dasar yang pasti terkait dengan penghitungan daya baterai smartphone. Namun, salah seorang pakar dari iFixit menyampaikan bahwa umur dari baterai bisa dihitung berdasarkan siklus pengisian daya. Satu siklus merupakan waktu yang diperlukan untuk mengisi daya sampai penuh. Jadi kalau Anda menghabiskan setengah daya kemudian mengisi sampai penuh, itu masih terhitung setengah siklus.

  • Kapan performa baterai mulai menurun?

Sesuai dengan perhitungan siklus pengisian daya/cycle count, kebanyakan baterai smartphone bisa bertahan sampai 400 cycle count. Berdasarkan perhitungan tersebut, performa baterai diperkirakan mulai menurun dalam kurun 1-2 tahun.

Baca Juga:

Cara Merawat Baterai HP Supaya Tahan Lama

Meski baterai smartphone saat ini sudah dirancang untuk tahan lama, namun bukan berarti baterai tersebut tidak butuh perawatan. Terlalu sering mengisi daya selama semalaman juga kurang baik untuk kesehatan HP. Berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk merawat baterai HP.

  • Menjaga siklus pengisian daya

Siklus pengisian daya yang terjaga dengan baik memungkinkan baterai menyimpan memori ini, sehingga menghindarkannya dari menerima tegangan berlebihan. Usahakan untuk tidak mengisi daya dalam tegangan yang terlalu rendah. Hal ini memicu perangkat Anda untuk meminta tegangan lebih besar sehingga menjadi lebih cepat panas. Panas yang berlebihan bisa cepat merusak baterai, bahkan bisa menimbulkan efek lain yang lebih berbahaya.

  • Segera hentikan pengisian saat sudah penuh

Sebagian besar smartphone sekarang sudah dibekali teknologi untuk memutus arus saat baterai sudah terisi penuh. Teknologi ini membuat Anda tidak perlu lagi khawatir jika lupa mencabut charger HP semalaman. 

Namun idealnya, saat daya sudah terisi penuh, proses pengisian perangkat harus segera dihentikan. Arus listrik yang terus menerus dialirkan ke perangkat bisa menimbulkan panas berlebih di HP Anda. 

  • Mematikan HP saat mengisi daya

Supaya pengisian daya berjalan efektif, sebaiknya non-aktifkan perangkat ketika tengah mengisi daya baterai. Kalau Anda tidak ingin mematikannya, Anda bisa membiarkan saja baterai ponsel Anda terisi tanpa digunakan dahulu. 

Terlebih lagi jika Anda bermain game saat tengah mengisi daya, hal itu akan membuat baterai cepat panas. Kalau terus-menerus dilakukan, baterai ponsel Anda bisa cepat rusak. Selain membuat pengisian efektif, mematikan perangkat saat mengisi daya bisa membuat kinerja baterai maksimal dan masa pakai lebih panjang.

  • Tidak membiarkan baterai terlalu lama low

Menjaga daya baterai setidakanya sebanyak 40% membuat kinerja baterai bisa tetap terjaga dengan baik. Dibandingkan dengan membiarkan baterai nol persen dan baru mengisi ulangnya, akan lebih baik jika diisi secara berkala.

Ketika Anda baru mengisi ulang ketika daya baterai benar-benar habis, itu akan memaksa baterai untuk menerima tegangan yang sangat tinggi. Hal ini akan berdampak kurang baik untuk masa pakai baterai HP Anda. 

  • Menggunakan charger HP yang sesuai

Penggunaan charger HP yang sesuai juga berkontribusi banyak dalam lama atau tidaknya masa pakai baterai. Supaya baterai Anda tetap bagus dan awet, usahakan gunakan charger yang original dan sesuai dengan merk ponsel Anda. Selain itu, sebaiknya tidak sering berganti charger, karena itu juga berpengaruh pada masa pakai ponsel Anda.

  • Menghindari tempat panas

Pernahkah Anda merasakan ponsel Anda begitu panas ketika cukup lama terpapar sinar matahari? Ya, meletakkan HP, baik di tempat yang terpapar panas atau tertutup memang tidak baik, terlebih lagi jika tengah mengisi daya. Kalau ini terus dibiarkan, panas tersebut bisa merusak komponen di dalam perangkat Anda. Selain itu, juga bisa mengakibatkan masa pakai baterai menjadi lebih singkat.

  • Mengaktifkan power saver

Ponsel-ponsel keluaran terbaru biasanya sudah dibekali dengan fitur power saver. Ketika daya baterai sudah lemah, maka fitur ini bisa aktif secara otomatis. Namun pada beberapa produk smartphone fitur ini bisa diatur secara manual pada waktu yang diinginkan. Saat Anda mengaktifkan power saver, beberapa aplikasi akan dibatasi penggunaannya. 

Pengisian daya baterai semalaman dengan Wireless charger saat ini memang relatif lebih aman untuk masa pakai baterai. Meski begitu, namun tetap harus memperhatikan perawatan baterai di atas ya.’

Bingung mencari charger hp fast charging yang baik? Produk Recci menghadirkan semua kebutuhan aksesoris smartphone Anda. Recci Indonesia memberikan berbagai macam pilihan aksesoris HP dengan standar teknologi modern. Ada beragam pilihan seperti Powerbank, Charger, Kabel Data USB, Earphone dan masih banyak yang lain. Semua aksesoris Recci terbuat dari material berkualitas dan kokoh. 

Leave a Reply

BUY NOW