fbpx

Cara Memilih Kabel Charger Yang Bagus

Tipe Kabel Data

Tipe Kabel Data Smartphone

Kerusakan pada kabel untuk charger handphone biasanya dikarenakan pemakaian yang tidak wajar. Baik itu charger original atau bahkan kabel yang bukan original sekalipun. Penting bagi anda untuk memilih kabel dengan benar agar tidak terjadi kerusakan lagi. Jangan terbiasa membeli barang karena melihat bentuknya yang lucu dibandingkan kualitas charger yang bagus. Mari simak tips memilih kabel charger yang bagus untuk smartphone anda.

Tips Memilih Charger yang Bagus Untuk Smartphone

  1. Memilih Kabel Original Sesuai Merk HP

Apabila charger rusak, maka lebih baik untuk membeli lagi charger dengan merk handphone yang sama. Anda bisa membeli merk handphone yang original di gerai sesuai dengan merk handphone anda. Dengan menggunakan charger yang original, maka arus input dan outputnya akan sebanding dengan kepala charger yang digunakan. Perbedaan kepala charger dengan kabel yang berbeda akan mempengaruhi kinerja pengisian baterai.

  1. Harga Mempengaruhi Kualitas

Jika anda tidak menemukan kabel original buatan dar pabrik, anda bisa membeli merk lain namun selalu perhatikan kualitasnya. Tentunya harga yang dipatok juga akan mempengaruhi kualitas dari kabel itu sendiri. Kabel dengan harga 15 ribu rupiah akan jauh berbeda dengan kabel yang dipatok dengan harga 115ribu. Namun belum tentu jug ajika harga mahal menjamin kualitas kabel yang dijual.

Kabel yang murah biasanya hanya akan bsa mengisi dengan daya kecil berkisar 2A saja. Sedangkan kabel charger yang berkualitas sudah mendukung fast charging 2.4A dan benar benar mambantu untuk mengisi daya yang lebih cepat. Anda bisa membeli kabel dengan kualitas yang bagus dan sudah dilengkapi dengan fast charging. Hal ini karena bahan yang digunakan juga akan jauh berbeda dibandingkan dengan kabel biasa saja.

  1. Jangan Terpaku dengan Ukuran Kabel

Banyak sekali yang mengatakan jika semakin tebal kabel maka semakin memiliki kualitas yang bagus. Padahal tebal tidaknya kabel tidak mempengaruhi kualitas kbel charger. Hal yang menentukan kualitas kabel adalah bahan pembungkusnya. Semakin bagus bahan pembungkusnya maka semakin kuat juga daya tahan kabelnya.

Kabel yang dilengkapi dengan lapisan yang bagus tidak akan menimbulkan kabel robek, rusak, longgar, dan masalah yang sering dikeluhkan oleh pemilik lainya. Bahan yang biasa digunakan untuk kabel yang memiliki kualitas yang bagus adalah kulit sintesis, karet pvc, fiber kevlas dan nilon. Apabila kabel sudah dilengkapi dengan bahan tersebut, maka kabel akan awet dan tahan lama untuk digunakan.

Baca Juga:

  1. Memperhatikan Spesifikasi Kabel dari Kemasan

Biasanya kabel yang berkualitas akan selalu disertai spesifikanya yang ada di dalam kemasan. Spesifikasi kabel ini akan tampil dalam kardus kemasan yang akan menunjukkan kelebihan dan kualitas dari kabel charger itu sendiri. Misalnya saja velocity yang sudah dilengkapi dengan kemampuan fast charging. Selain itu kabel ini juga memiliki diameter 4,5 mm wore core. Ada juga versi Astral yang memiliki spesifikasi yang tidak kalah menarik dari kabel lainnya.

Kabel ini telah dilengkapi dengan fast charging dan juga tampilan berwarna hitam emas yang membuatnya terlihat gagah. Kabel ini ternyata juga kuat dan tidak mudah pecah sehingga bisa awet untuk digunakan. Body dari Astral ini juga sangat dinamis sehingga bisa dibawa tanpa merasa ribet. Penting bagi anda untuk memilih kabel berdasarkan output yang dihasilkan. Anda bisa memiliki 2.4A yang akan memaksimalkan kinerja dari chargernya.

  1. Memastikan Panjang Kabel sesuai Kebutuhan

Pilihlah kabel dengan panjang setara 1 meter atau lebih. Nantinya kabel ini akan digulung sehingga jangan memiliki kabel yang terlalu pendek kecuali khusus powerbank. Akan lebih baik jika anda memilih kabel yang panjang karena dapat digunakan di segala tempat. Selain itu kabel yang panjang juga akan memudakan sekali ketika digunakan untuk menstranfer file dari komputer ke ponsel dan sebaliknya.

Panjang kabel tidak akan mempengaruhi kecepatan pengisian karena perusahaan kabel sudah mempertimbangkannya. Anda tidak perlu khawatir jika ada yang mengatakan semakin panjang kabel maka akan semakin lama pengisiannya. Ketika sudah memutuskan untuk membeli kabel, maka anda harus merawat kabel tersebut.

  1. Perhatikan Bahan Coating

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penting bagi anda untuk memperhatikan bahan lapisan pelindung. Ada beberapa jenis coating yang bisa dikenal seperti karet PVC, kulit sintesis, nilon dan viber Kevlar. Beberapa orang mungkin akan sulit untuk mengenalinya. Namun anda bisa melihat bahan coating yang digunakan pada spesifikasi kabel charger di bagian kemasan.

Setiap jenis coating akan mempengaruhi kelenturan kabel namun tetap memberikan perlindungan lebih sehingga bisa awet digunakan. Coating haruslah memiliki material yang tidak mudah terkoyak atau putus. Selain itu coanting yang berkualitas juga akan tahan air dan melindungi kabel yang ada di dalamnya. Anda bisa menemukan bahan coating yang berkualitas tinggi di kabel yang berwarna cerah dan memiliki corak menarik.

  1. Fitur Tambahan yang Tersedia

Beberapa kabel biasanya akan hadir dengan beberapa fitur seperti kecepatan mengisi daya atau fast charging serta beberapa konetor lain yang beragam. Apabila anda ingin membeli kabel, maka sangat disaranan untuk membeli kabel yang menyediakan berbagai jenis kepala USB port yang bisa dibongkar pasang atau conector. Alasanya karena pengisian daya tidak akan optimal jika connestor hanya bersifat sebagai konduktor atau penghantar yang tidak tersambung.

Konektor ini memiliki kemungkinan akan melelehkan bagian plastik atau karet yang melekat akibat suhu panas. Apabila anda mencari kabel charger yang menyediakan konektor, maka anda harus membeli merk asli atau yang sudah terkenal kualitasnya. Untuk itulah fitur fast charging dan kecepatan transfer data harus dicoba sebelum membeli dengan menggunaan sampel produk yang ada.

  1. Pastikan Memiliki Garansi

Belilah charger yang memiliki garansi minimal 1 minggu agar kabel yang anda beli bisa berjalan sesuai dengan spesifikasi yang diberikan. Apabila menemukan beberapa kerusakan, anda tidak akan merasa rugi karena ada garansi untuk mengganti barang. Ada baiknya anda memperhatikan informasi yang ada dalam kemasan. Pastikan jika kabel untuk charging tersebut sesuai dengan smartphone anda.

Hal ini juga akan membantu anda untuk mengetahui keaslian kabel yang akan anda beli. Ada banyak sekali produk bajakan yang menjual barang berkulitas buruk dan melekatkan nama merk terkenal dalam kemasan atau kabelnya. Namun dengan adanya garansi ini anda bisa memastikan apakah barang yang anda beli benar benar asli melalui adanya garansi untuk kabel charger yang telah dibeli.

Itulah beberapa cara yang tepat untuk membeli kabel untuk charging anda. Ada baiknya anda memilih kabel yang sudah memiliki fast charging untuk memudahkan anda. Daripada anda khawatir membeli barang di toko atau gerai, anda bisa membeli kabel untuk charger ini di  recci.id. Kami menyediakan beragam kebutuhan elektronik anda mulai dari kabel, earphone, powerbank dan kebutuhan elektronik lainnya. Yuk segera kunjungi website resmi www.recci.id.

Comments are closed.

BUY NOW