fbpx

Arti Fast Charging Dan Kegunaannya

arti fast Charging

Smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari hari. Saat bangun hingga tidur, semua aktifitas tidak akan terlepas dari memegang ponsel atau smartphone. Seiring berjalannya waktu banyak sekali brand yang menawarkan kemudahan bagi para pemakainya agar bisa sepanjang hari bermain handphone. Salah satunya adalah teknologi fast charging yang akan memudahkan untuk mengisi ulang baterai dengan cepat. Mari simak ulasan selengkapnya berikut.

Mengenal Lebih Dekat dengan Teknologi Daya Isi Cepat

Teknologi daya isi cepat ini terdapat pada sebuah charger yang bertujuan agar pengisian baterai lebih cepat. Pengisian daya yang cepat ini umumnya diterapkan pada perangkat seperti smartphone, powerbank, tablet, laptop dan lain sebagainya. Namun perlu diingat bahwa teknologi daya isi cepat ini bisa digunakan jika jenis perangkatnya mendukung fitur ini.

Dengan menggunakan fitur ini, kecepatan pengisian daya baterai tidak konsisten. Biasanya akan terjadi percepatan pada saat awal mengisi dan melabat ketika baterai hampir penuh. Biasanya terjadi percepatan daya pada saat baterai low hanya tersisa 1% saja. Namun jika pengisian baterai sudah mencapai 60% maka akan mulai sedikit melambat sampai daya baterai menjadi 80%. Pengisian ini akan semakin melambat sampai baterai sudah terisi peuh 100%.

Perlu anda ketahui bahwa baterai yang mengisi daya dengan cepat, akan menimbulkan suhu yang sedikit panas. Khususnya seperti yang meninggikan Voltase seperti Qualcomm Quick Charge. Sehingga sangat disarankan untuk menempatkan smartphone pada tempat yang bersuhu dingin dan tidak memainkan handphone jika daya baterai masih mencapai 1% hingga 60%, serta fitur yang tersedia pada perangkat tambahan. Seperti perangkat wireless charging dengan fitur  pengendali panas untuk mencegah overheat.

Apabila sudah mencapai 60% hingga 80% maka anda bisa menggunakan sambil memainkannya. Karena smartphone yang sudah mencapai daya baterai 60 hingga 80 persen akan memiliki suhu yang dingin. Jadi perlu dipahami yang akan merusak smpartphone adalah panas dari efek fast charging itu sendiri. Sehingga janga menggunakan smartphone untuk bermain saat masih mengecas.

Banyak orang yang belum mengenal teknologi pengisian daya baterai terbaru ini. Ada yang mengatakan jika pengisain baterai dengan arus yang besar akan merusak baterai itu sendiri. Namun tenang saja, karena hal ini tidak akan terjadi untuk pemakaian jangka panjang. Baik itu pengisain lambat 0.5W, 5W, 10W, 25-45 W bahkan lebih besar dari arus masuk ke baterai.

Hal ini karena pengisian baterai yang cepat terbagi menjadi dua fase. Pertama adalah pengisian dengan arus yang besar dan masuk ke baterai. Hal ini antara 50% – 70% yang dapat melakukan pengisian baterai selama 10, 15 hingga 30 menit. Fase pertama ini juga terjadi saat baterai yang kosong, dan mampu menyerap energi yang jauh lebih besar tanpa efek negatif pada baterai.

Fase kedua adalah sistem pegisian daya yang akan semakin melambat. Anda akan lebih lama menunggu baterai teris full saat pengisiandaya gusah mencapai 60, 70 hingga 90% sekalipun. Dengan begitu anda tidak perlu takut jika baterai akan mudah sekali rusak saat dilakukan pengisian baterai dengan menggunakan pengisi daya cepat ini

Banyak sekali jenis dari brand charger untuk smartphone yang beredar di pasaran. Diantaranya adalah quick charge 3.0 dan Quick 4.0 yang berasal dari aksesoris Recci yang sudah menyediakan pengisian daya tercepat untuk para pelanggannya. Recci sudah memiliki teknologi masing masing untuk pengisian daya itu sendiri.

rct-n16 fast charging

Kelebihan Menggunakan Fast Charging Untuk Mengisi Baterai

Bisa dikatakan tidak ada kekurangan saat menggunakan fast charging untuk mengisi daya. Hal ini karena teknologi pengisi daya cepat ini sudah didesain sedemikian rupa agar tidak terjadi masalah. Mungkin anda akan mengalami keluhan handphone yang terasa lebih panas saat dilakukan pengisian daya. Cara menghindarinya adalah dengan tidak memainkan handphone saat sedang dilakukan pengisian daya dan pastikan smartphone diletakkan di suhu yang rendah.

Apabila anda menggunakan teknologi daya isi cepat ini anda akan lebih menghmeat waktu untuk mengisi daya baterai. Hal ini sangat memudahkan anda karena tidak perlu menunggu terlalu lama sampai baterai terisi penuh. Sehingga anda bisa bermain handphone lebih lama dan tanpa khawatir baterai akan habis karena pengisian daya akan lebih cepat dan bisa digunakna kembali.

Umumnya teknologi satu ini memang sudah dilengkapi dan dijamin tidak akan mengalami kerusakan yang lebih parah. Teknologi yang dgunakan sudah dirancang sedemikian rupa sehingga baterai akan selalu aman dan tidak mengalami kerusakan. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika menggunakan teknologi pengisian daya yang cepat untuk smartphone anda.

Untuk bisa menikmati teknologi fast charging ini tidak terlalu sulit untuk didapatkan. Hal ini karena banyak sekali brand yang sudah terkenal di pasaran menjual rilisan terbaru pengisian daya cepat. Anda bisa memilih untuk menggunakan smartphone dengan fitur tambahan untuk mempermudah pengisian daya pada smartphone anda.

Perkembangan Teknologi Quick Charging

Teknologi ini kedepannya jelas akan semakin mengalami perkembangan terutama dalam hal efesiensi pengisian daya baterai serta mengatur temperature supaya suhu tetap redah saat pengisian berlangsung. Selain memperhatikan kecepatan dan temperature saat pengisian baterai ini, ada beberapa teknologi yang dikembangkan di dalamnya.

RTC-N11 kabel quick charger

Teknologi current protection adalah teknologi yang berfungi melindungi perangkat dari lonajakan ampere. Selain itu ada juga teknologi surge protection yang melindungi perangkat saat terjadi loncatan voltase. Hal ini adalah teknologi yang menjadi kunci untuk mengontrol temperature supaya suhu tetap rendah saat pengisian fast charging berlangsung sehingga baterai tidak cepat rusak.

Teknologi lainnya adalah low loss recifer yang memiliki fungsi untuk meningkakan efesiensi pengisian baterai. Sehingga baterai akan bisa terisi penuh dengan cepat tanpa merusak baterai yang ada di dalamnya. Selain beberapa fitur yang telah disebutkan masih banyak lagi fitur yang mungkin dimiliki oleh setiap vendor. Masing masing vendor tentu akan memiliki fitur yag berbeda pula sehingga anda bisa melakukan perbandingan pada masing masing vendor.

Selain teknologi yang semakin berkembang ini, anda juga harus memperhatiakan build quality charger yang mengedapankan bahan plastik yang digunakan serta komponen komponen lain yang ada pada charger tersebut. Selain itu, Anda harus mempertimbangkan kabel charger yang ikut mempengaruhi fast charging pada HP serta brand produk yang bagus untuk digunakan mengisi daya dengan cepat.

Ada beberapa jenis produk yang bisa dijadikan pilihan untuk quick charging. Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. Produk RCT Q07E keluaran Recci bisa menjadi pilihan untuk anda yang membutuhkan fast charging dengan bentuk yang pipih dan persegi panjang. Selain itu ada juga versi RCT 02EL charger dengan lightning yang menggunakan bahan material PVC dengan panjang 100 cm.

Itulah beragam ulasan menarik mengenai teknologi quick charging yang makin banyak disukai oleh banyak kalangan. Anda bisa memiliki teknologi ini dengan melakukan belanja di Recci yang telah menjual beragam pilihan produk aksesoris HP, salah satunya seperti beberapa powerbank fast charging Recci. Anda bisa mengunjungi website resmi Recci di www.recci.id untuk mendapatkan informasi terkait spesifikasi produk yang ditawarkan dan membelinya di official store marketplace kesayangan Anda.

BUY NOW