fbpx

Kelebihan dan Kekurangan Wireless Powerbank untuk Ponsel

Proses pengisian wireless powerbankharus dilakukan secara lurus

Wireless powerbank merupakan salah satu inovasi kekinian yang bisa mempermudah pengguna smartphone. Meski begitu, masih ada pro dan kontra mengenai pemakaian produk ini.

Pro dan kontra ini muncul lantaran suatu produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagaimanapun, penggunaan teknologi seperti dua sisi mata uang, kadang bisa jadi menguntungkan. Di lain sisi ada kekurangan yang harus jadi risikonya.

Apabila saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk beli produk power bank nirkabel, akan sangat penting bila mengetahui kelebihan dan kekurangan wireless powerbank secara lebih detail.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang keuntungan menggunakan powerbank tanpa kabel dan kekurangannya. Jadi, selamat menyimak!

Kelebihan wireless powerbank untuk smartphone

Berikut ini adalah kelebihan pengisi daya portabel tanpa kabel dilihat dari beberapa sisi:

Kelebihan wireless powerbank untuk smartphone

Lebih simpel dan rapi

Kelebihan pertama yang ditawarkan adalah kerapian dan kesederhanaannya. Betapa tidak, Anda tidak perlu lagi memakai kabel untuk menghubungkan powerbank dengan ponsel. Cukup ditaruh di atasnya, pengisian daya bisa berjalan.

Selain itu, Anda juga terbebas dari port-port kabel yang kadang tidak kompatibel. Jadi, asalkan teknologinya sesuai, pengisian bisa dilakukan dengan cepat.

Terbebas dari aus

Saat menggunakan port, salah satu kendala yang sering dijumpai adalah port yang mudah aus sehingga tidak terkoneksi dengan baik. Dengan nirkabel, kondisi aus seperti ini tidak akan pernah ditemui lagi.

Daya yang lebih efisien dan tidak boros

Alih-alih menggunakan power bank biasa yang membuat ponsel boros daya karena cepat habis, wireless powerbank tidak demikian.

Anda bisa memakai perangkat untuk melakukan charging dengan daya yang dapat bertahan lama. Irit dan efisien.

Pengisian daya yang cepat

Beberapa produk power bank nirkabel sudah dilengkapi dengan fitur fast charing yang bisa melakukan pengisian daya dengan sangat cepat.

Daya dalam ponsel bisa terisi sebanyak minimal 50% kali lebih cepat dari pada biasanya. Tergantung spesifikasi produk yang Anda beli.

Selain itu, daya output-nya kebanyakan juga besar, mulai dari 5 Watt, 7,5 Watt, dan 10 Watt.

Bisa dioperasikan selama pengisian

Ada beberapa desain produk yang memungkinkan pengguna bisa memakainya selama proses pengisian. Biasanya, produk seperti ini dilengkapi dengan penyangga.

Jadi, selama pengisian Anda tetap bisa menonton video atau drama favorit. Anda juga tetap bisa mengecek email atau pesan di sosial media.

Memanfaatkan hands-free dengan nyaman

Saat ini ada banyak model dan merek yang menawarkan headset bluetooth atau semacamnya. Dengan adanya powerbank nirkabel, selama berkendara Anda bisa menggunakan perangkat ini dengan nyaman.

Hal ini karena pemakaian perangkat tidak dibatasi oleh kabel. Cukup mengatur jarak supaya tetap dalam kondisi yang pas.

Pengaturan dan tata letak yang mudah

 Pengaturan dan tata letak yang mudah

Karena konsepnya wireless, pengaturan pada furnitur juga makin mudah. Bisa disesuaikan dengan desain dan perabot rumah. Di samping itu, tata letaknya juga lumayan bebas karena tidak takut kabelnya tersangkut atau hal lainnya.

Sebagai contoh, saat Anda sedang memasak di dapur sambil charging, tata letaknya bisa disesuaikan. Tak perlu takut kabelnya basah, terkena minyak, atau hal lainnya.

Harga yang disesuaikan dengan spesifikasi

Harga wireless powerbank biasanya disesuaikan dengan spesifikasi yang ditawarkan. Semakin lebar bantalannya, berarti harganya juga semakin mahal.

Hal ini karena semakin lebar bantalannya, maka power bank ini bisa digunakan untuk charging beberapa perangkat sekaligus.

Ringan

Powerbank wireless biasanya dibuat dengan berat yang sangat ringan. Artinya, Anda bisa membawanya dengan mudah sambil mengisi baterai ke mana saja.

Mengurangi sampah

Pada powerbank konvensional, kabel merupakan komponen yang sangat diperlukan. Sayangnya, kabel ini mudah rusak. Entah karena pemakaian yang salah atau kualitasnya memang kurang bagus.

Jika sudah rusak, maka tentu saja harus dibuang dan jelas akan menambah sampah.

Berbeda dengan wireless powerbank yang tidak membutuhkan kabel. Jelas akan mengurangi tumpukan sampah.

Lebih sehat

Pemakaian powerbank tanpa kabel jauh lebih sehat karena dilengkapi dengan standar Qi sebagai pelindung dari radiasi.

Secara rinci dijelaskan bahwa wireles charging melepaskan tingkat EMF yang sangat rendah. Menurut WHO, EMF atau electromagnetic fields yang rendah tidak mengarah pada masalah kesehatan.

Namun, WHO juga mengungkapkan bahwa perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai masalah ini.

Dibawa travelling dengan nyaman

Ringan, tanpa kabel, dan tidak boros. Tentu ini membuat perangkat ini sempurna untuk dipakai saat travelling.

Baca Juga

Kekurangan wireless powerbank untuk ponsel

Berikut ini adalah beberapa kekurangan produk pengisi daya nirkabel ini:

Recci RPB P03

Proses pengisian harus dilakukan secara lurus

Akurasi atau ketepatan posisi harus diperhatikan supaya proses charging tidak terganggu. Bila secara tidak sengaja perangkat goyang atau pindah, ini mungkin akan mempengaruhi proses charging-nya.

Pemborosan daya masih mungkin terjadi

Pemborosan daya pada smartphone tidak hanya disebabkan oleh perangkat yang digunakan untuk charging. Pemborosan ini bisa disebabkan oleh faktor lain seperti sistem operasi yang ada di ponsel, model, dan kebiasaan pemilik ponsel saat charging.

Bantalan yang dapat tergores

Secara tidak sengaja bantalan bisa saja tergores dan membuat perangkat tidak bisa memberikan performanya dengan baik.

Ada daya yang terbuang

Ada beberapa yang mengklaim bahwa daya yang seharusnya diisikan pada smartphone oleh power bank terbuang ke udara. Jumlahnya memang tidak banyak, tapi ini juga perlu menjadi perhatian. Namun demikian, informasi ini juga masih perlu diteliti lagi.

Rasa tidak nyaman membawa powerbank lebar

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa semakin lebar wireless powerbank maka semakin banyak pula smartphone yang bisa di-charge. Hal ini memiliki kelemahan tersendiri.

Di mana tidak semua orang merasa nyaman membawa produk dengan dimensi yang lebar. Maka dari itu harus ada solusi yang jitu mengenai hal ini.

Salah satu produk yang bisa direkomendasikan adalah Recci RPB-P03.

Produk ini memiliki seluruh kelebihan yang harus dimiliki oleh sebuah power bank. Di saat yang bersamaan, Recci Indonesia, selaku produsen produk memberikan pegangan yang bisa dimasuki dengan jari.

Pegangan ini akan mempermudah pemilik smartphone sebab bisa menggantungkannya di jari atau menggenggamnya seperti biasa. Sangat fleksibel.

Kapasitas daya yang ditawarkan juga cukup besar, yakni 10.000 mAH. Dengan kapasitas ini, Anda bisa melakukan charging dengan cepat karena RPB-P03 sudah dilengkapi dengan fitur fast charging.

Yang membuatnya makin menarik, informasi pengisian daya dapat dibaca dengan mudah melalui layar LED yang menyatu dengan desainnya yang simpel namun terlihat canggih.

Pihak pabrikan juga menyediakan dua port berbeda untuk memberikan kenyamanan buat para pengguna, yakni type-C dan USB-A. Artinya, produk ini sangat fleksibel karena pemakaiannya bisa disesuaikan.

Anda bisa membeli produk wireless powerbank RPB-P03 ini di marketplace Shopee dengan harga yang sangat terjangkau.

Hanya dengan uang Rp 610.000,- Anda bisa membeli Recci Power Bank LED wireless ini. Tersedia dalam beberapa pilihan warna, yakni hitam dan hijau sebagai kombinasinya, juga hitam polos.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan wireless powerbank yang bisa Anda jadikan pertimbangan saat hendak membeli produk pengisi daya portabel dengan konsep nirkabel. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

BUY NOW