fbpx

Ciri-Ciri Wireless Charger yang Bagus dan Rekomendasinya

Rekomendasi dan harga wireless charger terbaik

Tidak akan sulit menemukan produk terbaik apabila Anda tahu ciri ciri wireless charger yang bagus. Produk yang mampu memberikan fungsionalitas sesuai kebutuhan dan tahan lama.

Bagi sebagian orang, charger nirkabel memang sesuatu yang baru. Maka tak heran bila banyak yang bertanya-tanya tentang cara memilih produk terbaiknya.

Masalahnya, tidak banyak yang paham dengan teknologi ini sehingga bisa dibilang masih meraba-raba dan menebak-nebak saat akan membeli.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli charger nirkabel, ada baiknya Anda mengenali konsep dasar dari teknologi yang disematkan pada perangkat ini.

Tujuannya adalah Anda mengerti poin-poin apa yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli barang.

Jika sudah tahu konsep dasarnya tapi masih juga merasa kesulitan untuk memilih, maka tenang.

Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan ringkas mengenai poin yang perlu dipertimbangkan sebagai karakteristik terbaik. Karakteristik inilah yang harus ada dalam sebuah wireless charger.

Ciri ciri wireless charger yang bagus secara lengkap

Berikut ini adalah ciri-ciri penting yang harus dimiliki oleh sebuah perangkat pengisi daya tanpa kabel:

Ciri ciri wireless charger yang bagus secara lengkap

Pengisian standar

Ada beberapa jenis konsep pengisian standar yang dimiliki oleh wireless charger, seperti Qi dan PMA. Charger dengan Qi standard tidak bisa digunakan pada smartphone yang dibekali dengan PMA. Begitu pun sebaliknya.

Maka dari itu, sebelum membeli charger, baiknya Anda mengenali spesifikasi smartphone Anda dengan baik. Apakah pakai Qi atau PMA.

Cara sederhana untuk mengetahui spesifikasi standar yang dimiliki oleh smartphone, apakah Qi atau PMA. Tinggal lihat saja tahun pembuatannya.

Ponsel yang dibuat sebelum tahun 2018 menggunakan PMA. Sedangkan teknologi yang disematkan pada ponsel pintar tahun 2018 ke atas sudah hampir dipastikan mengusung konsep Qi standards.

Kecepatan pengisian daya

Kecepatan pengisian daya sangat penting untuk mendukung aktivitas pengguna ponsel. Secara umum, kecepatan pengisian ini tergantung dayanya. Semakin kecil, semakin lambat. Sebaliknya, semakin besar, kecepatannya semakin tinggi.

Kalau di pasaran, saat ini yang tersedia mulai 5 W sampai 15 W. Dari daya terendah dan tertinggi ini perbedaan kecepatannya cukup signifikan, karena memang jumlahnya 3 kali lipat.

Yang menarik, apabila charger tersebut memiliki output yang tinggi sementara ponsel Anda tidak memiliki input yang sama atau lebih rendah. Charger dengan standar Qi bisa menyelaraskannya dengan baik.

Sertifikasi Qi

Ciri ciri charger yang bagus selanjutnya adalah memiliki sertifikasi Qi. Biasanya ini ditunjukkan dengan adanya logo Qi pada kemasan produk tersebut. Sertifikasi ini sangat penting buat pembeli.

Karena dengan sertifikasi, pembeli akan jauh lebih aman dalam membeli produk. Bagaimanapun, membeli produk dengan Qi Standard yang tidak bersertifikat memiliki kemungkinan buruk, di antaranya adalah:

  1. Charger boros energi dan cepat panas.
  2. Efisiensi daya tidak baik dan bisa berpotensi merusak ponsel.
  3. Ada kemungkinan charger tidak akan kompatibel dengan ponsel sama sekali meski diklaim berstandar Qi.

Untuk meminimalkan terjadinya pembelian produk yang salah, sebaiknya beli produk dari perusahaan ternama dan terpercaya.

Kabel dan colokan

Yang paling mencolok dari dalam paket produk wireless charger adalah ada atau tidaknya kabel dan colokan yang menyertainya. Apabila dalam satu perangkat tidak ada kabel dan colokan yang menyertai, bisa jadi Anda harus membelinya terpisah.

Artinya, Anda harus menyediakan uang tambahan untuk membeli kabel tersebut secara terpisah.

Kalau Anda sudah pernah beli sebelumnya maka membeli produk yang tidak ada colokannya tidak akan jadi masalah.

Yang akan jadi masalah bila produk yang Anda beli memiliki jenis colokan unik yang tidak sama dengan wireless charger yang sudah dibeli sebelumnya.

Maka dari itu, untuk menghemat pengeluaran, sebaiknya cari produk yang sudah sepaket dengan colokan atau kabelnya. Kalaupun tidak ada kabelnya, pastikan membeli produk yang colokannya sudah umum. Bukan yang unik.

Ukuran, desain, dan estetikanya

Desain dan estetika wireless charger memang kebebasan masing-masing orang untuk menilai. Tergantung selera dan sifatnya tidak bisa dipaksakan. Namun soal ukuran, tetap harus diperhitungkan.

Membeli produk dengan bantalan yang luas bisa menjadi pilihan yang pas sehingga bisa menampung seluruh dimensi ponsel. Apalagi jika produk tersebut ditambah dengan fitur pengaman supaya tidak mudah jatuh.

Fungsionalitas

Kenali dengan baik fungsionalitas yang ditawarkan pada produk wireless charger. Lihat dengan lebih detail tata letak dan fungsi masing-masing fitur yang melekat pada produk tersebut. Apalagi sekarang banyak produk yang multifungsi, Anda bisa mempertimbangkannya dengan baik.

Koil

Medan elektromagnetik akan tercipta bila koil antara ponsel dan charger nirkabel bisa sejajar dengan sempurna. Untuk membuat hal ini terjadi, salah satu cara yang dilakukan oleh produsen adalah memproduksi multi coil.

Dengan begini, terjadinya ketidakselarasan koil bisa dihindari dengan mudah. Sehingga pengecasan bisa dilakukan dengan sangat mudah tanpa kendala.

Warna lampu LED nya

Untuk menunjukkan status pengisian daya, biasanya produk charger nirkabel dilengkapi dengan lampu LED. Anda bisa memilih LED aneka warna, terang, atau redup sesuai kebutuhan.

Kalau memang kebutuhannya adalah agar tidur tak terganggu saat pengecasan dilakukan di malam hari, maka pilihlah yang cahayanya redup.

Pegangan sebagai pengaman

Jangan lupa untuk memilih produk yang dilengkapi dengan pegangan supaya saat proses charging dilakukan, charger dan smartphone bisa aman.

Jarak pengisian

Jarak pengisian wireless charger

Charger nirkabel bisa melakukan pengisian daya dalam jarak tertentu, tak harus bersentuhan langsung. Umumnya, kriteria jarak yang harus terpenuhi adalah sekitar 2-8 mm. Dalam penghitungan jarak jangan lupa perhitungkan juga ketebalan casing HP jika Anda menggunakannya.

Harga

Pastikan bahwa harga wireless charger terjangkau. Jadi, pembelian ini tidak akan merusak rancangan keuangan dan anggaran bulanan yang sudah disiapkan.

Baca Juga

Rekomendasi dan harga wireless charger terbaik

Recci merupakan salah satu produsen yang membuat produk-produknya dibekali dengan ciri ciri wireless charger yang bagus.

Starry Wireless Charging

 

Salah satu produknya, Starry, hadir dengan spesifikasi yang matang. Produk ini sudah dilengkapi dengan Qi Standards. Konsumsi charging-nya sangat efisien dengan coil yang sudah di-upgrade sehingga bisa selaras dengan ponsel dengan sangat mudah.

Starry juga dibekali dengan fitur anti radiasi sehingga aman dipakai saat pengguna sedang tidur di malam hari.

Soal jarak pengisian, produk ini bahkan tetap bisa melakukan charging secara otomatis di jarak antara 6-8 mm. Sangat sensitif dan mudah dalam pengisian daya.

Soal desain, tak perlu diragukan lagi. Karena menggunakan bahan kaca yang mengkilap, desainnya terlihat elegan dan mewah. Piringannya terlihat kekinian dan bisa memberikan kesan mahal.

Padahal harga wireless charger ini sangat terjangkau, yakni Rp 385.000,-. Produk ini juga mengusung konsep pengisian cepat dengan daya mencapai 10 Watt. Tertarik?

Bila ingin membelinya, Anda tinggal pesan melalui marketplace Tokopedia. Anda bisa memilih warna hitam, putih, atau rosegold. Di marketplace ini, Anda juga bisa sekalian melihat spesifikasi charger nirkabel lain dari Recci.

Demikian informasi tentang ciri ciri wireless charger terbaik yang bisa Anda terapkan saat hendak memilih pengisi daya otomatis tanpa kabel untuk smartphone kesayangan.

Leave a Reply

BUY NOW