fbpx

Perbedaan Fast Charging dan Quick Charge pada Smartphone

perbedaan-fast-charging-dan-quick-charge-pada-smartphone-1

perbedaan-fast-charging-dan-quick-charge-pada-smartphone

Baterai smartphone drop atau habis memang menjadi masalah apalagi jika waktu pengisian daya ulangnya juga lambat tentu lebih menjengkelkan. Di era perkembangan teknologi, kini hadir fitur fast charging 3.0 dan Quick Charge untuk smartphone.

Apa perbedaan keduanya? Secara kebutuhan keduanya sama-sama dapat mengisi daya pada perangkat dengan sangat cepat. Fitur fast charging sendiri merupakan pentransferan watt lebih tinggi ke baterai supaya baterai dapat cepat terisi penuh.

Dari namanya, kita sudah tahu bahwa fitur tersebut memudahkan pengguna smartphone mengisi daya baterai tanpa perlu menunggu lama. Maka dari itu, dengan pengisian daya yang cepat pengguna akan lebih baik menunjang mobilitas si pengguna. Di sisi lain, teknologi ini sebenarnya mulai tersemat pada smartphone, namun diterapkan pula pada perangkat pendukung seperti powerbank, tablet, laptop dan sebagainya

Sedangkan pengisian daya cepat, Quick Charge, merupakan sebuah trademark dari perusahaan Qualcomm yang juga memproduksi perangkat pendukung smartphone. Fitur Quick Charge disematkan pada produk perangkat pendukung dan tentunya kompatibel dengan fitur chipset yang diperuntukkan bagi produk-produk yang bermitra dengan Qualcomm.

 

 

Proses Pengisian Daya

Perlu diketahui bahwa baterai yang mengisi daya dengan cepat, akan menimbulkan suhu yang sedikit panas. Khususnya seperti yang meninggikan Voltase seperti Qualcomm Quick Charge. Sehingga sangat disarankan untuk menempatkan smartphone pada tempat yang bersuhu dingin dan tidak memainkan handphone jika daya baterai masih mencapai 1% hingga 60%, serta fitur yang tersedia pada perangkat tambahan. Seperti perangkat wireless charging dengan fitur  pengendali panas untuk mencegah overheat.

Apabila sudah mencapai 60% hingga 80% maka anda bisa menggunakan sambil memainkannya. Karena smartphone yang sudah mencapai daya baterai 60 hingga 80 persen akan memiliki suhu yang dingin. Jadi perlu dipahami yang akan merusak smartphone adalah panas dari efek fast charging itu sendiri. Sehingga jangan menggunakan smartphone untuk bermain saat masih mengecas.

 

Waktu Pengisian Daya

Banyak orang yang belum mengenal teknologi pengisian daya baterai terbaru ini. Ada yang mengatakan jika pengisian baterai dengan arus yang besar akan merusak baterai itu sendiri. Namun tenang saja, karena hal ini tidak akan terjadi untuk pemakaian jangka panjang. Baik itu pengisian lambat 0.5W, 5W, 10W, 25-45 W bahkan lebih besar dari arus masuk ke baterai.

Hal ini karena pengisian baterai yang cepat terbagi menjadi dua fase. Pertama adalah pengisian dengan arus yang besar dan masuk ke baterai. Hal ini antara 50% – 70% yang dapat melakukan pengisian baterai selama 10, 15 hingga 30 menit. Fase pertama ini juga terjadi saat baterai yang kosong, dan mampu menyerap energi yang jauh lebih besar tanpa efek negatif pada baterai.

Fase kedua adalah sistem pengisian daya yang akan semakin melambat. Anda akan lebih lama menunggu baterai terisi full saat pengisian daya mencapai 60%, 70% hingga 90% sekalipun. Dengan begitu anda tidak perlu takut jika baterai akan mudah sekali rusak saat dilakukan pengisian baterai dengan menggunakan pengisi daya cepat ini.

 

Harus Kompatibel dengan Perangkat

Fitur cepat pengisian daya haruslah sesuai dengan perangkat elektronik yang membutuhkan daya tersebut. Artinya fitur yang dimiliki perangkat dan fitur pada charger harus sesuai sehingga pengisian cepat bisa berjalan maksimal. Hal ini mengapa banyak anjuran untuk menggunakan charger asli bawaan smartphone supaya pengisian daya sesuai dengan kemampuan perangkat.

Perlu anda tahu, banyak sekali jenis dari brand charger untuk smartphone yang beredar di pasaran. Diantaranya adalah quick charge 3.0 dan Quick 4.0 yang berasal dari aksesoris Recci yang sudah menyediakan pengisian daya tercepat untuk para pelanggannya. Recci sudah memiliki teknologi masing masing untuk pengisian daya itu sendiri.

Maka dari itu, sebaiknya memilih perangkat yang kompatibel dengan fitur pengisian daya cepat pada smartphone Anda. Dengan kesesuain keduanya, maka dijamin pengisian daya cepat akan lebih lancar dan meminimalisir kemungkinan kerusakan pada bagian lain.

 

Baterai smartphone drop atau habis memang menjadi masalah apalagi jika waktu pengisian daya ulangnya juga lambat tentu lebih menjengkelkan.Temukan teknologi fast charging dari produk Recci yang berkualitas. Recci Indonesia menghadirkan produk aksesoris smartphone berkualitas seperti Powerbank, Kabel Charger, Earphone, Wireless Charger dan aksesoris lainnya. Dengan teknologi lebih modern dan ergonomis, produk Recci dapat menemani Anda menikmati konten hiburan seperti musik, video atau podcast yang lebih mengasyikkan dan smart untuk mengisi waktu luang.

 

Leave a Reply

BUY NOW