fbpx

Cara baru Ngecas HP, Apa Itu Wireless Charging?

apa-itu-wireless-charging

apa-itu-wireless-charging

Kemajuan teknologi sudah membuat banyak perubahan bagi sistem isi ulang baterai pada HP atau smartphone. Salah satu inovasi teknologi terbaru adalah kemunculan wireless charging. Sekarang ini, cara isi ulang atau ngecas baterai HP tidak perlu lagi menghubungkan kabel ke aliran listrik. Tanpa kabel, baterai HP bisa terisi penuh dengan menggunakan wireless charging.

Apa itu wireless charging? 

Dikutip dari laman baktikominfo.id, wireless charging merupakan istilah yang dipakai untuk mendeskripsikan pengisian daya baterai tanpa menggunakan kabel/ nirkabel. Secara teknis, wireless charging diartikan sebagai transmisi arus listrik dari sumber listrik ke perangkat penerima tanpa menggunakan kabel secara langsung. Arus listrik tersebut kemudian dipakai untuk mengisi ulang baterai dari perangkat penerima.  Untuk mengisi ulang baterai, yang dilakukan adalah dengan meletakkan HP di atas wireless charger, yang biasanya berbentuk seperti papan atau bantalan Smartphone. Nantinya, secara otomatis baterai HP akan terisi dengan energi radiasi dari papan tersebut. Namun demikian, umumnya perangkat mobile yang dapat melakukan wireless charging adalah tipe smartphone kelas atas.

Wireless charging memiliki standar karena tidak semua alat elektronik cocok dipakai untuk melakukan pengisian baterai secara nirkabel. Saat ini terdapat tiga standar wireless charging yang dipakai yaitu Qi standar, Power Matters Alliance (PMA) dan Alliance for Wireless Power (A4WP). Dengan adanya standar tersebut kedepan diharapkan dapat mendukung ekosistem pertumbuhan produk berbasis wireless charging.

Dengan penemuan teknologi wireless charging, pengguna HP tidak perlu repot menghubungkan kabel ke socket sumber listrik. Pengguna HP juga tidak perlu membawa kabel charger yang biasanya mudah kusut dan cepat rusak. Berikut manfaat penggunaan wireless charging dalam kehidupan sehari-hari.

 

 1. Bisa mengisi ulang baterai lebih dari satu perangkat

Wireless charging dapat digunakan untuk mengisi ulang lebih dari satu HP. Dengan teknologi wireless tentu pengisian daya dapat berbagi ke berbagai perangkat lainnya. Tinggal mengaktifkan fitur penerima perangkat, maka aliran listrik bisa diserap oleh perangkat.

 

2. Praktis

Tentunya wireless charging lebih praktis daripada menggunakan kabel charger. Jika harus menghubungkan ke socket listrik, pengguna harus membawa kabel charger. Selain itu, pengguna juga harus bergantian mencolokkan kabel  jika sumber listrik sedang digunakan orang lain.

 

3. Pengisian yang Cepat

Wireless Charging mampu mengisi daya listrik ke baterai dengan waktu yang cepat. Kelebihan ini, karena teknologi penghantar listrik yang lebih modern. Lain halnya dengan menggunakan kabel charger, pengisian daya bisa cukup lama apalagi jika kabel kerusakkan atau konslet.

 

—–

Kebutuhan aksesoris smartphone semakin meningkat di tengah perubahan gaya hidup masyarakat. Untuk mendukung trend dan kebutuhan tersebut, Recci Indonesia menghadirkan produk aksesoris smartphone berkualitas seperti Powerbank, Kabel Charger, Earphone, Wireless Charger dan aksesoris lainnya. Dengan teknologi lebih modern dan ergonomis, produk Recci dapat menemani Anda menikmati konten hiburan seperti musik, video atau podcast yang lebih mengasyikkan dan smart untuk mengisi waktu luang.

 

1 Comment

Leave a Reply

BUY NOW