fbpx

Ternyata Kualitas Kabel Handphone Mempengaruhi Kecepatan Charger Loh!

Kualitas kabel Smartphone

Recci Indonesia – Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pemakai handphone Android adalah ketahanan baterai. Ketahanan baterai menjadi salah satu hal yang berpengaruh pada terganggunya aktivitas sehari-hari, apalagi kalau tidak bertahan lama. Terlebih jika smartphone sering digunakan untuk main game, chatting, atau streaming video. Dalam beberapa jam saja, baterai pasti akan cepat terkuras habis.

Oleh sebab itu, kamu pasti butuh kabel charger yang bisa mengisi daya dalam kecepatan penuh. Dalam hal ini, kualitas kabel handphone penting untuk kamu perhatikan. Mengapa demikian?

Kualitas kabel handphone paling berpengaruh pada kecepatan charger

Entah hal yang satu ini kamu sadari atau tidak, namun kualitas kabel handphone benar-benar memengaruhi kecepatan pengisian daya. Kabel berkualitas baik tentu saja akan melakukan pengisian daya dalam waktu yang lebih cepat. Seperti, kabel dengan kemampuan fast charging yang memungkinkan pengisian daya baterai smartphone hanya dalam beberapa jam saja.

Kabel smartphone fast charging ini juga mendukung daya tahan baterai yang lebih awet. Dengan pengisian 10 menit saja, handphone akan bertahan hingga 4 jam.

Namun, jenis kabel smartphone fast charging ini belum bisa ditemukan di semua smartphone. Hanya smartphone kelas menengah ke atas saja yang memiliki kabel smartphone dengan kualitas fast charging. Meski begitu, terlepas dari apakah sebuah kabel smartphone memiliki kemampuan fast charging atau tidak, kualitas kabel smartphone tetap harus diperhatikan karena akan memengaruhi kecepatan dan kemampuannya dalam mengisi daya.

Kabel smartphone yang sudah usang menurunkan kecepatannya dalam mengisi daya

Terlepas apakah kabel smartphone kamu memiliki fitur fast charging atau tidak, kualitas kabel akan memengaruhi kecepatan dan kemampuannya dalam mengisi daya. Tentu saja, kabel smartphone yang sudah usang tidak akan mampu mengisi daya baterai smartphone dengan cepat. Kamu tentu sering mendengar bahwa kabel antenna TV yang sudah usang akan memengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Sama seperti kabel antenna TV, kabel smartphone yang sudah terlalu lama dan usang akan menyebabkan penurunan kualitas dan kecepatannya untuk mengisi daya.

Jadi, kalau kabel smartphone Bro dan Sis sudah lama dan terlihat usang, maka sudah pasti berpengaruh pada proses pengisian daya. Kamu mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengisi daya baterai smartphone.

Ini cara agar smartphone kamu tetap bekerja maksimal menunjang aktifitas kamu;

  • Perhatikan kondisi kabel smartphone

Faktor lain yang menyebabkan kabel smartphone membutuhkan waktu lama untuk mengisi daya baterai adalah kondisi kabel tersebut. Kalau kamu tidak merawat kabel smartphone-mu dengan baik, maka sudah pasti hal tersebut memengaruhi kualitasnya dalam mengisi daya baterai ponsel. Misalnya saja, kabel yang tergulung dan bengkok. Meski kelihatannya baik-baik saja dari luar, namun kabel charger yang sering tergulung dan bengkok akan menghambat hantaran listrik dari sumber ke smartphone. Alhasil, proses pengisian daya pun akan terganggu.

Gulungan Kabel handphone

Kabel Tergulung

Di samping itu, kamu juga harus pastikan bahwa kabel charger yang digunakan terbebas dari kotoran, bulu-bulu halus, dan partikel kecil lain yang mungkin membuat lubang pada kabel tersumbat. Jika hal ini terjadi, maka proses pengisian daya akan terganggu. Pastikan kamu rajin membersihkan kabel charger untuk mempertahankan kualitasnya.

  • Pastikan daya charger sesuai dengan daya smartphone

Kualitas kabel handphone untuk pengisian daya juga dipengaruhi oleh usia kabel tersebut. Contohnya, kabel charger untuk smartphone keluaran terbaru sudah dibekali dengan output daya 1.0 hingga 2.0 ampere. Sedangkan, kabel charger untuk smartphone keluaran lama hanya dibekali dengan output daya 0.5 ampere. Kalau kamu menggunakan charger lama untuk smartphone baru, sudah pasti akan membutuhkan waktu lama karena kualitasnya berbeda.

Nah kamu juga harus memperhatikan output daya kabel charger saat membeli charger baru untuk smartphone. Pastikan output daya ini sesuai dengan smartphone yang kamu gunakan. Kemudian, kamu juga harus memilih kabel charger dengan ukuran ideal 1-2 meter, karena semakin panjang kabel charger, semakin lama proses pengisian daya. Semoga informasi ini membantumu menemukan kabel charger yang tepat, ya!

3 Comments

  1. […] komponen komponen lain yang ada pada charger tersebut. Selain itu, Anda harus mempertimbangkan kabel charger yang ikut mempengaruhi fast charging pada HP serta brand produk yang bagus untuk digunakan mengisi daya dengan […]

  2. […] Kualitas Kabel Handphone Mempengaruhi Kecepatan Charger […]

  3. […] Kualitas Kabel Handphone Mempengaruhi Kecepatan Charger […]

Leave a Reply

BUY NOW